Problematika Pembelajaran Tematik siswa Kelas V MI Ma'arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo

Prasetyo, Eko (2020) Problematika Pembelajaran Tematik siswa Kelas V MI Ma'arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Prasetyo, Eko. NIM. 210615142. Problematika Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorgo. Skripsi. Jurusan PGMI Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.Moh Miftachul Choiri. M.A

Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran, Tematik.

Penelitian ini berangkat dari latar belakang adanya problematika pembelajaran tematik. Poblematika pembelajaran adalah berbagai kumpulan masalah atau kendala yang ditemukan. Pembelajaran tematik disebabkan karena tematik merupakan suatu hal yang baru sehingga dalam implementasinya belum sebagaimana yang diharapkan. Lokasi penelitian yang dilakukan di kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo.
Dari ulasan diatas ada beberapa yang penulis hendak kaji, yaitu : (1) Apa saja problematika siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi problematika siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo? 3) Bagaimana upaya guru untuk mengatasi problematika siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo.
Menurut jenisnya, penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji triangulasi, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang tahapannya reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1)Problematika dalam pembelajaran tematik kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo adalah siswa merasa bingung, siswa yang memiliki kognitif daya fikir rendah menjadi tertinggal, kurang maksimal menerima pelajaran, orang tua kesulitan dalam memberi bantuan anak belajar dirumah, siswa mendapat nilai rendah dan siswa merasa bosan. 2) Faktor yang mempengaruhi problematika siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo adalah materi yang banyak dan campur, gaya belajar siswa, SDM (Sumber Daya Manusia), usia siswa, daya berfikir atau kognitif siswa, orang tua, waktu pembelajaran yang lama dan suasana kelas. 3) Upaya guru untuk mengatasi problematika siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadam Ponorogo adalah memberikan pelajaran yang menarik, kerjasama antara guru dan orang tua, memberukan pembelajaran yang berinovasi, siswa diajak berkreasi, pembelajaran menggunakan metode dan media yang menyenangkan, dan evaluasi. Seningga upaya-upaya tersebut dapat meminimalisir problematika siswa dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: M. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Apr 2020 04:31
Last Modified: 27 Apr 2020 05:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item View Item