Tinjauan Hukum Islam Terhadap Bisnis Periklanan Online Bayar Per Klik (Pay Per Click)

Chiftiah, Mariatul (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Bisnis Periklanan Online Bayar Per Klik (Pay Per Click). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PPC UPLOAD NEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Chiftiah, Mariatul, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Bisnis Periklanan Online Bayar Per Klik (Pay Per Click). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.
Kata Kunci: Hukum Islam, Ija>rah, Internet, Pay Per Click, Click Fraud.

Perkembangan internet yang semakin maju, membuat manusia semakin kreatif dengan berbagai ide-ide yang membuat penggunanya mudah. Salah satunya mengenai bisnis periklanan secara online atau dikenal dengan Affiliate Advertising. Dan salah satu mekanisme pendapatan penghasilan melalui bisnis periklanan online ini adalah Pay Per Click (PPC). Serta dalam PPC ini adanya praktik click fraud oleh Publisher dimana Publisher akan melakukan klik sendiri pada iklan yang terpasang dalam website atau blog mereka guna menambah pendapatan mereka sendiri. PPC layak dikaji, ditinjau dari aspek Hukum Islam, dimana dalam ija>rah tidak hanya menerima manfaat dan menghasilkan keuntungan saja, akan tetapi ada syarat dan rukun yang harus dipenuhi untuk menghindari kerugian dan ketidakadilan oleh masing-masing pihak
Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti fenomena di kalangan masyarakat dari sudut pandang hukum Islam. Adapun hal yang akan peneliti angkat adalah (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad dalam bisnis periklanan online bayar per klik atau pay per click, serta (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik click fraud oleh publisher pada bisnis periklanan online bayar per klik atau pay per click.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Serta dengan pendekatan kualitatif dan hasil penelitian dianalisis dengan metode deduktif yaitu diawali dengan kenyataan yang bersifat umum kemudian diakhiri dengan kesimpulan khusus.
Kesimpulan hasil penelitian berdasarkan rumusan masalah pertama yaitu bisnis periklanan online bayar per klik atau pay per click menurut hukum Islam termasuk dalam akad ija>rah yakni ija>rah atas manfaat. Dimana pada praktiknya, Publisher menyediakan space iklan untuk pemasangan iklan Advertiser. Menurut hukum Islam, model bisnis semacam pay per click ini tidak menyalahi aturan, asal syarat dan rukun dari ija>rah dapat terpenuhi dan tidak melanggar aturan syara’. Kemudian hasil penelitian rumusan masalah kedua yaitu praktik click fraud yang dilakukan oleh Publisher pada bisnis periklanan online bayar per klik atau pay per click menyebabkan s}i>ghat ija>rah menjadi batal dan tidak sah akadnya serta hal ini dapat membuat pembatalan perjanjian sepihak oleh pihak penyedia jasa iklan dengan cara melakukan banned.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Apr 2020 02:30
Last Modified: 23 Apr 2020 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item