(FILE BELUM ADA) peran program tahfidz untuk meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an siswa di smpn 1 sawoo ponorogo

yazid, hamim mustofa (2020) (FILE BELUM ADA) peran program tahfidz untuk meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an siswa di smpn 1 sawoo ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Yazid, Hamim Mustofa, 2020. Peran Program Tahfidz Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Qur’an Siswa di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Program, Tahfidz al-Qur’an, Kemampuan Menghafal al-Qur’an Siswa.
Sekolah memiliki regulasi yang berbeda-beda dalam mengatasi problematika yang terjadi. Dalam menyelesaikan problematika terkait rendahnya kemampuan baca hafal al-Qur’an siswa di sekolah, dapat menggunakan berbagai macam pilihan program yang ditawarkan dari pihak sekolah. Salah satu tawaran program yang bisa diterapkan di sekolah, yakni program tahfidz. Adapun program tahfidz ini, bisa digunakan dan diterapkan guna mendukung kebutuhan sekolah dan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi seperti diterapkannya program tahfidz ini di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. Adapun latar belakang diadakannya program tersebut adalah sekolah ingin mengurangi ketidakmampuan peserta didik dalam membaca al-Qur’an, masih banyak juga yang buta huruf Hijaiyah, sekolah ingin menanamkan kecintaan al-Qur’an dalam diri peserta didik, dan sekolah ingin memperbaiki akhlak peserta diri dengan barokah dari kecintaan terhadap al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan program tahfidz al-Qur’an di SMPN 1 Sawoo Ponorogo, (2) mengetahui faktor yang dapat menunjang program tahfidz al-Qur’an di SMPN 1 Sawoo Ponorogo, (3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program tahfidz guna meningkatkan kemampuan hafal al-Qur’an siswa di SMPN 1 Sawoo Ponorogo, (4) mengetahui solusi yang dapat mengatasi kendala dalam pelaksanaan program tahfidz guna meningkatkan kemampuan hafal al-Qur’an siswa di SMPN 1 Sawoo Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan lokasi penelitian berada di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. Adapun terkait teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, teknik analisis datanya berdasarkan teorinya Miles dan Huberman, yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek yang diwawancarai oleh peneliti untuk digali datanya lebih mendalam, di antaranya seperti: siswa, guru tahfidz, guru mata pelajaran PAI, waka kurikulum, dan kepala sekolah SMPN 1 Sawoo Ponorogo.
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan program tahfidz di SMPN 1 Sawoo Ponorogo telah tersusun dan berjalan dengan baik dengan indikator yang telah dilakukan yakni: tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan diadakan program tahfidz di SMPN 1 Sawoo adalah untuk memperoleh lulusan siswa yang tak cuma cerdas intelektualnya, namun juga untuk mendidik siswa berperilaku baik, mampu membaca al-Qur’an dengan lancar dan baik, bahkan mengajak siswa menghafalkan al-Qur’an dengan target hafalan juz ketiga puluh. Dalam pelaksanaanya waktu yang diberikan untuk program ini yakni dua kali dalam seminggu yaitu pada hari senin dan kamis dengan durasi waktu untuk program ini sekitar dua jam mata pelajaran atau delapan puluh menit untuk pembelajaran tahfidz. Adapun terkait metode pembelajaran tahfidznya menggunakan metode jama’. (2) semua pihak mendukung diterapkannya program tahfidz ini dan juga tenaga pendidik untuk program tahfidz atau guru tahfidz di sekolah ini sangat berkompeten dalam bidang hafalan al-Qur’an; guru tahfidz harus berasal dari Hafidz dan Hafidzah yang lulusan dari pondok Tahfidzul Qur’an yang sudah hafal al-Qur’an 30 juz dengan baik, lancar, dan fashih. Adapun dalam pelaksanaannya dimasukkan dalam jam pelajaran intrasekolah supaya lebih efektif. (3) kendala untuk program tahfidz , yakni beberapa siswa mengeluh capek terutama pada hari senin dan kamis karena harus pulang sore. (4) Solusi yang akan diatasi oleh pihak sekolah untuk sementara ini masih menampung berbagai masukan, kritikan dari semua pihak dan akan dirapatkan bersama pada laporan hasil pertanggung jawaban di akhir tahun pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni murtafiati mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 03 Apr 2020 03:43
Last Modified: 28 May 2020 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8968

Actions (login required)

View Item View Item