Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Swalayan Kud Sukomaju Desa Gelanglor Sukorejo Ponorogo

Wulandari, NovitaSuci (2020) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Swalayan Kud Sukomaju Desa Gelanglor Sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ITAA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
NovitaSuci Wulandari. NIM: 210715033, 2019, “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan di Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo”, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, IAIN Ponorogo, 2019.

Kata Kunci: Strategi peningkatan, Kualitas pelayanan
Dalam era modern ini, kondisi pertumbuhan bisnis saat ini cukup tinggi, banyaknya persaingan dan bertumbunhya usaha-usaha yang menjual produk yang sama. Dalam berbisnis sangat diperlukan yaitu sikap kejujuran dan yang baik, agar menarik daya beli dan kepercayaan terhadap pelanggan/konsumen. Selain itu, dalam berbisnis perlu adanya karyawan sebagai sumber tenaga kerja dalam suatu usaha agar dapat mengasilkan produk atau jasa yang baik. Untuk menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas terhadap konsumen perlu adanya penerapan pelayanan yang baik yang diberikan konsumen agar terciptanya interaksi yang baik dan rasa nyaman saat berbelanja. Sebuah usaha yang baik dan jujur dapat mempengaruhi minat beli bagi konsumen sehingga usaha yang dilakukan dapat berjalan sesuai keinginan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kualitas pelayanan di Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo dan bagaimana strategi peningkatan pelayanan yang ada di Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo. Tujuan ini untuk mengetahui penerapan pelayanan yang diberikan kepada konsumen di Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo dan untuk mengetahui strategi peningkatan pelayanan yang ada di Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo.
Dalam penilitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Lokasinya di Jl. Sukorejo-Danyang Dusun Taji Desa Gelanglor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelayanan yang diberikan di Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo dapat disimpulkan bahwa berdasarkan dimensi pelayanan dan peraturan tata tertib yang ada, di Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo masih belum memuaskan pelanggan atau konsumen yang berbelanja. Karena pelayanan yang diberikan terhadap konsumen masih belum menerapkan tata tertib yang ada dan teori dimensi yang sudah dijelaskan sedangakan salah satu kualitas pelayanan yang baik adalah perbandingan antara kenyataan dan harapan pelanggan. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan di swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo. Jika dilihat dari kekuatan dan peluang kesempatan yang ada di Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo sangat besar tetapi, Swalayan tersebut belum maksimal dalam menjalankan kekuatan dan peluang yang ada. Sehingga, Swalayan KUD Sukomaju Desa Gelanglor, Sukorejo, Ponorogo harus mampu bertahan agar usaha yang dijalankan dapat berjalan secara baik dan terus berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: DWI SETYA NUGRAHINI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Mar 2020 03:31
Last Modified: 26 Mar 2020 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item