Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Nasaih Al ‘Ibad Karya Imam Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Dengan Pelaksanaan Dan Tujuan Pendidikan Karakter Menurut Perpres No. 87 Tahun 2017

Kristiana, Ayu (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Nasaih Al ‘Ibad Karya Imam Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Dengan Pelaksanaan Dan Tujuan Pendidikan Karakter Menurut Perpres No. 87 Tahun 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
KAK AYU UPLOAD(1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kristiana, Ayu. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Nas{a>ih{ al ‘Iba>d Karya Imam Nawawi Al-Bantani dan Relevansinya dengan Pelaksanaan dan Tujuan Pendidikan Karakter Menurut Perpres No. 87 Tahun 2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Pendidikan Karakter, Perpres No. 87 Tahun 2017

Pendidikan akhlak merupakan usaha sadar yang dilakukan manusia dalam rangka mengarahkan terciptanya perilaku yang berakhlakul karimah yang dapat melakukan kegiatan positif secara spontan. Pendidikan akhlak dapat diperoleh melalui kitab yang mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang relevan dengan pendidikan karakter. Adanya pendidikan akhlak dalam satuan pendidikan memberikan sarana untuk mencetak generasi-generasi bangsa dengan berlandaskan jiwa pancasila dan ajaran agama yang sesuai. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk menciptakan sebuah Peraturan Presiden yang menyangkut Penguatan Pendidikan Karakter untuk membantu terlaksananya kemajuan negara.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Nas{a>ih{ al ‘Iba>d dengan pelaksanaan Program Pendidikan Karakter dalam Perpres No. 87 Tahun 2017. 2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Nas{a>ih{ al ‘Iba>d dengan tujuan Program Pendidikan Karakter dalam Perpres No. 87 Tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan (library reseach) dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dimana peneliti melakukan kajian kritis dan mendalam dengan bahan-bahan pustaka yang relevan terhadap konsep pendidikan akhlak kemudian menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Nas{a>ih{ al ‘Iba>d dan merelevansikannya dengan Perpres No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Hasil analisis yang didapat adalah 1) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Nas{a>ih{ al ‘Iba>d dengan pelaksanaan PPK dalam Perpres No. 87 Tahun 2017 terletak pada tiga jalur pendidikan yaitu formal, nonformal, dan informal. Pada jalur formal proses pendidikan dengan nilai beriman kepada Allah SWT, tolong menolong, takwa, jujur, sabar, ikhlas, zuhud dan syukur relevansinya terletak pada pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Pada jalur nonformal terletak pada kegiatan diluar sekolah seperti pondok pesantren, madrasah diniyah, dan kelompok belajar. Pada jalur informal terletak pada lingkungan keluarga. 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Nas{a>ih{ al ‘Iba>d dengan tujuan Program Pendidikan Karakter dalam Perpres No. 87 Tahun 2017 menjadi bekal untuk membentuk karakter manusia secara lahir dan batin yang dapat berinteraksi dengan Allah SWT maupun dengan makhluk-Nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Mar 2020 01:38
Last Modified: 13 May 2020 04:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item