Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa JNE pada Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo

Nur Faida, Latifa (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa JNE pada Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur Faida, Latifa. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image terhadap Keputusan Penggunaan Jasa JNE pada Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Dosen Pembimbing Dr. H. Moh. Munir, Lc, M.Ag”.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Brand Image, Keputusan Penggunaan Jasa
Keputusan konsumen dalam memilih pengiriman jasa tidaklah mudah, mereka harus pintar-pintar memilih dalam menentukan mana pengiriman jasa yang tepat waktu dan bagus. Hal tersebut bisa dilihat dari faktor brand image dan kualitas pelayanan suatu perusahaan. Apabila jasa atau pelayanan yang diterima melampaui harapan konsumen, maka kualitas jasa atau pelayanan dipersepsikan sebagai kualitas yang ideal. Konsumen yang memiliki citra positif terhadap suatu merek tertentu, akan lebih memungkinkan konsumen tersebut untuk melakukan pembelian ulang dari produk-produk yang dihasilkan dari merek perusahaan tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian jasa JNE pada mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo? (2) Adakah pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian jasa JNE pada mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo? (3) Adakah pengaruh kualitas pelayanan dan brand image terhadap keputusan pembelian jasa JNE pada mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan jenis penelitian yang bersifat kuantitatif dan metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan sampel sebanyak 63 responden yang diperoleh dari perhitungan dengan menggunakan rumus slovin. Data yang terkumpul dianalisis dan di uji dengan menggunakan analisis uji normalitas, uji autokorelasi, uji linier sederhana dan uji t, uji linier berganda dan uji f, uji determinasi(R-Square), dengan dua variabel independen yaitu brand image dan kualitas pelayanan, dengan satu variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Analisis dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial kualitas pelayanan (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). nilai thitung > ttabel (4,497 > 2,000) dan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari nilai sig 0,05 maka Ha diterima H0 ditolak. (2) secara parsial brand image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) nilai thitung > ttabel (2,086 > 2,000) dan nilai signifikansi 0,032 lebih kecil dari nilai sig 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. (3) secara simultan atau bersama-sama, kualitas pelayanan (X1) dan brand image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Dari uji F dengan nilai Fhitung sebesar 6,673 dengan tingkat signifikansi 0,002. Adapun, dari uji R-Square persentase keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh pengaruh kualitas pelayanan dan brand image sebesar 0,182 atau 18,2%. dan sisanya di jelaskan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:43
Last Modified: 19 Mar 2020 03:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8948

Actions (login required)

View Item View Item