implementasi pembelajaran group discussion dengan menggunakan media alat musik ukulele untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa di sd ma'arif ponorogo tahun ajaran 2018/2019

Rahmadani, Rizal (2020) implementasi pembelajaran group discussion dengan menggunakan media alat musik ukulele untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa di sd ma'arif ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Rizal Rahmadani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rizal , Rahmadani 2019. Implementasi Pembelajaran Group Discussion Dengan Menggunakan Media Alat Musik Ukulele Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SD Ma’arif Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019 . Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ali Baul Chusna M.S.I

Kata Kunci: Group Discusion, Kecerdasan Emosional, AlatMusik Ukulele

Rendahnya keccerdasan emosional siswa di SD Ma’arif Ponorogo dikarenakan adanya beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut yaitu guru belum memaksimlakan penggunaan strategi dalam pembelajaran dan media pembelajaran serta pengaruh perkembangan teknologi yang sangat kuat yang kurang terkontrol. Hal tersebut membuat siswa menjadi sulit untuk diatur dan lebih memilih ramai sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diupayakan dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Berdasarkan asumsi di atas maka penulis melakukan peneltian tindakan kelas (PTK) menggunakan Strategi Pembelajaran Group Discussion dengan batuan media alat musik ukulele.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Pembelajaran group Discussion dengan menggunakan media alat musik ukulele terhadap tingkat kecerdasan emosional siswa pada siswa kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa pada siswa kelas IV Di SD Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dari subyek penelitian yaitu semua siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi langsung dan menggunkan catatan lapangan untuk mencatat data, lembar observasi terstruktur.
Hasil dari penelitian pada mata pelajaran tematik materi berhemat energi adanya peningkatan ranah kecerdasan emosioanal siswa . Terlihat pada siklus I yang semula untuk kategori sangat baik hanya 0 % pada siklus II menjadi 43% dan pada kategori baik 57% pada kategori kurang baik pada siklus I sebanyak 10% namun pada siklus II sudah berkurang seluruhnya dan meningkat ketingkat selanjutnya.
Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Group Discussion dengan menggunkan media alat musik ukulele dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:18
Last Modified: 16 Mar 2020 04:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8917

Actions (login required)

View Item View Item