Setyoningsih, Tri (2020) upaya guru dalam menangani perilaku agresif siswa (studi kasus di sdn 2 tonatan ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
TRI SETYONINGSIH.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Setyoningsih, Tri. 2019. Upaya Guru Dalam Menangani Perilaku Agresif Siswa (Studi Kasus Di SDN 2 Tonatan Ponorogo).Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Aliba’ulChusna, M. SI..
Kata Kunci: Upaya Guru, Perilaku Agresif.
Guru adalah seorang figur pemimpin. Guru berperan dalam membentuk dan membangun kepribadian anak didik menjadi seorang yang berguna bagi agama, nusa, dan bangsa. Di dalam pembelajaran tidak selalu pembelajaran dapat berjalan dengan sempurna. Selalu ada hambatan yang mengganggu tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satunya munculnya perilaku agresif siswa. Dimana perilaku agresif merupakan segala bentuk perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun non fisik. Perilaku agresif ini sering dilakukan oleh siswa baik di tingkat SD, SMP, bahkan SMA. Begitu juga di SDN 2 Tonatan Ponorogo yang sering ditemui tindakan agresif oleh siswa kepada siswa lainnya. Guru sebagai pembimbing senantiasa mengupayakan untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Terdapat berbagai macam upaya baik secara prefentif maupun kuratif yang dilakukan. Upaya guru ini dinilai sangat menjanjikan karena guru dapat melakukan pencegahan serta penanganan yang baik dalam menangani perilaku agresif siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan faktor yang menyebabkan perilaku agresif siswadi SDN 2 Tonatan Ponorogo, (2) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam menangani perilaku agresif siswa di SDN 2 Tonatan Ponorogo, (3) mendeskripsikan faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam upaya guru untuk menangani perilaku agresif siswa di SDN 2 Tonatan Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisi Miles dan Hubermen dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Penelitian ini memperoleh hasil yaitu (1) faktor yang menyebabkan munculnya perilaku agresif siswa meliputi gangguan biologis yang menyebabkan siswa tantrum atau dikucilkan teman, lingkungan keluarga yang kurang harmonis mauun yang harmonis, lingkungan sekolah, dan pengaruh budaya negatif berupa egaruh gadget dan teman sebaya (2) upaya yang dilakukan guru untuk menangani perilaku agresif siswa berupa tindakan preventif meliputi menggunakan metode pembelajaran Role Playing, kerjasama antar siswa, tata tertib sekolah, penguatan positif, kontrak belajar, dan sikap terbuka serta tindakan kuratif meliputi pendekatan pribadi, pemberian nasehat, ancaman, serta pemberian hukuman. (3) faktor penghambat upaya penanganan perilaku agresif siswa meliputi pola asuh orang tua, pergaulan siswa, dan gadget yang memberi banyak hal negatif pada siswa sedangkan faktor pendukungnya adalah orangtua siswa yang responsif, guru yang selalu berkomitmen, kerjasama siswa, serta kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | aliba;ul chusna |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 04:19 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 04:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8916 |
Actions (login required)
View Item |