Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Pengetahuan Produk Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Mini IAIN Ponorogo

Ambarwati, Ida (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Pengetahuan Produk Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Mini IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi ida.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu unsur penilaian
konsumen/nasabah terhadap perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa.
Layanan yang berkualitas dapat diwujudkan dengan sikap yang jujur, melayani
dengan rendah hati dan tidak meremehkan konsumen, dalam pelayanan
menggunakan pedoman Islam. Dari segi pemahaman pengetahuan produk
mahasiswa Jurusan Ekonomi IAIN Ponorogo dengan latar belakang pendidikan
yang sama diharapkan mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang sama
mengenai Bank Syariah, tetapi faktanya pengetahuan dan pemahaman mahasiswa
berbeda-beda bahkan masih ada yang belum mengetahui.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa Jurusan Ekonomi
Syariah di Bank Mini IAIN Ponorogo? (2) Apakah pemahaman pengetahuan
produk berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa Jurusan Ekonomi
Syariah di Bank Mini IAIN Ponorogo? (3) apakah kualitas pelayanan dan
pemahaman pengetahuan produk terhadap minat menabung mahasiswa Jurusan
Ekonomi Syariah di Bank Mini IAIN Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis merupakan survey yang
menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah metode kuesioner. Analisis yang digunakan menggunakan
analisis regresi sederhana dengan uji t dan analisis regresi berganda dengan uji F
dengan menggunakan SPSS 16, lalu menarik kesimpulan berdasarkan hasil olah
data tersebut.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) kualits pelayanan X1 secara
parsial berpengaruah signifikan terhadap minat menabung di Bank Mini IAIN
Ponorogo dengan nilai probability thitung sebesar 0,000<0,05 (2) pemahaman
pengetahuan produk X2 secara parsial juga berpengaruh terhadap minat menabung
di Bank Mini IAIN Ponorogo dengan nilai probabilitay 0,000<0,05 (3) kualitas
pelayanan (x1) dan pemahaman pengetahuan produk (X2) secara simultan
(bersama-sama) berpengaruh simultan signifikan terhadap minat menabung di
bank Mini IAIN Ponorogo dilihat dari nilai probabilitas F (F-hitung) dalam
regresi bergandan sebesar 0,000<0,05 menjelaskan bahwa hipotesis Ha3 diterima
dan H03 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:42
Last Modified: 13 Mar 2020 06:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8902

Actions (login required)

View Item View Item