Dakwah Melalui Media Sosial YouTube (Analisis Media Siber dalam Etnografi Virtual pada Channel YouTube Transformasi Iswahyudi)

Novitasari, Evi (2020) Dakwah Melalui Media Sosial YouTube (Analisis Media Siber dalam Etnografi Virtual pada Channel YouTube Transformasi Iswahyudi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EVI NOVITASARI 211016007.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Novitasari, Evi. 2020. Dakwah Melalui Media Sosial YouTube (Analisis Media Siber dalam Etnografi Virtual pada Channel YouTube Transformasi Iswahyudi). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Nurdin, M.Ag.
Kata kunci: Dakwah di Internet, YouTube, Analisis Media Siber, Channel YouTube Transformasi Iswahyudi.
Aktivitas dakwah pada masa kini, tidak hanya dapat dilakukan secara konvensional saja, namun dapat dilakukan melalui berbagai media. Bukan hanya melalui media cetak dan elektronik saja, namun berdakwah kini bisa dilakukan di internet. Salah satunya melalui media sosial seperti YouTube. Saat ini, YouTube telah memliki ribuan bahkan jutaan pengguna dari berbagai negara. YouTube menempati posisi teratas sebagai video sharing yang paling popular. Bapak Iswahyudi telah menggunakan media sosial YouTube sebagai media dakwah secara kontinu dimulai pada 27 Maret 2019. Dakwah di media sosial melalui channel YouTube menjadi sebuah fenomena yang terjadi di kalangan dai. Hal ini, yang menjadikan peneliti ingin mengetahui bagaimana fenomena dakwah di media sosial yang terjadi dalam channel YouTube Transformasi Iswahyudi.
Untuk mengungkap penjelasan di atas, peneliti meruukan maslah sebagai berikut : (1) bagaimana ruang media (media space) dalam channel YouTube Transformasi Iswahyudi? (2) bagaimana dokumen media (media archive) dalam channel YouTube Transformasi Iswahyudi? (3) bagaimana objek media (media object) dalam channel YouTube Transformasi Iswahyudi? (4) bagaimana pengalaman (experiental stories) dalam channel YouTube Transformasi Iswahyudi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menjelaskan fenomena melalui pengumpulan data yang dalam hal ini ialah pendeskripsian mengenai level-level Analisis Media Siber dalam etnografi virtual pada dakwah yang dilakukan Bapak Iswahyudi mulai dari ruang media, dokumen media, objek media, pengalaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa channel YouTube Transformasi Iswahyudi telah sesuai dengan analisis media siber dalam etnografi virtual yang terdiri dari: (1) ruang media (media space) yang berfokus pada prosedur pembuatan channel YouTube, prosedur memublikasikan konten, aspek grafis dari tampilan media, (2) dokumen media (media archive) yang berfokus pada konten video dakwah, (3) objek media (media object) yang berfokus pada interaksi yang muncul antara pemilik channel dan subscriber, (4) pengalaman (experiental stories) yang berfokus pada motif yang melandasi pemanfaatan dan pemublikasian video-video dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:04
Last Modified: 13 Mar 2020 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8887

Actions (login required)

View Item View Item