efendi, ahmad zeky (2018) peran manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan dan kompetensi guru (studi kasus di smk pgri 2 ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
TESIS ZEKY .pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Image
PUBLIKASI ZEKY.jpg Download (45kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Efendi MZ, Ahmad Zeky. Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Mutu Pendidikan dan Kompetensi Guru (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing: Dr. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Mutu, Kopetensi Guru
Penelitian dilatarbelakangi oleh fakta bahwa SMK PGRI 2 Ponorogo semakin diminati calon peserta didik lulusan dan membatasi kuota penerimaan siswa baru. Secara umum untuk meningkatkan budaya mutu sekolah dalam mencapai standar kompetensi harus ditunjang oleh banyak pendukung. Di antaranya adalah, kepala sekolah dan guru profesional merupakan salah satu input sekolah yang memiliki tugas dan fungsi yang sangat berpengaruh pada berlangsungnya proses pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo (2) Untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SMK PGRI 2 Ponorogo (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan dan kompetensi guru di SMK PGRI 2 Ponorogo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data, penulis menggunakan reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, menyusun kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Kepala SMK PGRI 2 dalam menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program melibatkan seluruh bidang akademisi di sekolah. Keunggulan suatu lembaga pendidikan tidak semata-mata peran dari kepala sekolah saja tetapi juga peran dan kerja sama dari semua komponen yang ada. (2) Peran Kepala Sekolah di dalam pelaksanaan program untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial sangatlah penting akan tetapi semua itu membutuhkan kerjasama dan dukungan dari guru-guru yang ada di sekolah tersebut. (3) Faktor pendukung dan penghambat yang ditemui (a) kekuatan: Sebagai sekolah rujukan yang ada di Ponorogo, terakreditasi: A.,telah mendapatkan sertifikat ISO 9001: 2008. (b) Kelemahan: Belum semua guru mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), (c) Peluang: Dukungan dari yayasan, pemerintah dan perusahaan, (d) Ancaman: citra masyarakat terhadap sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Evi Muafiah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Mujiati |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 02:48 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 02:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8871 |
Actions (login required)
View Item |