implementasi pembelajaran kemuhammadiyahan dalam meningkatkan perilaku amar ma'ruf nahi munkar siswa kelas viii a mts muhammadiyah 3 yanggong ponorogo

RisnaWati, RisnaWati (2020) implementasi pembelajaran kemuhammadiyahan dalam meningkatkan perilaku amar ma'ruf nahi munkar siswa kelas viii a mts muhammadiyah 3 yanggong ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210315368_RISNAWATI[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan melalui kegiatan pembelajaran merupakan salah suatu usaha guru dan lembaga pendidikan untuk membentuk perilaku siswa yang sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di lingkungan masyarakat dan agama (syara‟). Salah satu perilaku yang harus di tanamkan kepada siswa dalam proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran yaitu perilaku amar ma‟ruf nahi munkar, yang mana perilaku tersebut merupakan perilaku yang dapat mengarahkan siswa menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah, serta amar ma‟ruf nahi munkar sendiri merupakan suatu perintah Allah yang wajib dikerjakan oleh semua umat manusia. Disamping itu, dalam membentuk peribadi siswa yang berakhlaqul karimah terdapat beberapa contoh nilai-nilai keislaman yang termasuk perilaku amar ma‟ruf yang bisa diterapakan kepada siswa dilingkungan sekolah diantaranya yaitu: membiasakan siswa untuk berdo‟a sebelum memulai pembelajaran, membiasakan siswa membaca al-Qur‟an setiap akan masuk kelas pada awal pembelajaran, membiasakan siswa mengerjakan sholat dhuha sebelum memulai pembelajaran. Akan tetapi melihat fenomena yang terjadi sekarang ini, masih terdapat perilaku munkar atau menyimpang yang dilakukan siswa dalam
3
lingkungan sekolah. Hal inilah yang menjadi bidang garapan yang harus diselesaikan oleh lembaga pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan pembelajaran kemuhammadiyahan pada siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo (2) untuk menjelaskan bagaimana upaya peningkatan perilaku amar ma‟ruf nahi munkar siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah Penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran Kemuhmmadiyahan kelas VIII A di Mts Muhammadiyah Yanggong Ponorogo dilakukan satu minggu sekali, yang membedakan pembelajaran tersebut yaitu terkhusus pada materi yang terkait dengan organisasi Muhammadiyah, Kepribadian, serta awal mula persyarikatan Muhammadiyah. Dalam praktiknya guru menggunakan tiga pendekatan yaitu, pendekatan historis, ideologis, dan strukural. (2) Upaya dalam peningkatan perilaku Amar Ma‟ruf Nahi Munkar siswa kelas VIII A melalui pembelajaran kemuhmmadiyahan di Mts Muhammadiyah Yanggong Ponorogo yaitu melalui penerapan nilai-nilai keislaman baik dalam kegiatan pembelajaran dan juga kegiatan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) dan Diklat Kemuhammadiyahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:07
Last Modified: 11 Mar 2020 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8870

Actions (login required)

View Item View Item