Hanim, Na'imatul (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh Di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI HANIM.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Hanim, Na’imatul. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh Di Al-Marwah Trans Tour Umroh Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan Fasilitas, Kepuasan.
Kepuasan pelanggan adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen terhadap sebuah produk dan jasa, dalam hal ini jasa travel umroh. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan adalah kualitas pelayanan dan fasilitas. Kualitas pelayanan yang baik memberikan dorongan kepada konsumen untuk menggunakan jasa ini berulang-ulang dan fasilitas yang memadai akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Oleh karena itu, kualitas pelayanan dan fasilitas yang baik dibutuhkan oleh suatu perusahaan guna mencapai tingkat kepuasan jamaah yang diinginkan. Al-Marwah adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa travel umroh dimana pelayanan dilakukan oleh orang-orang yang berkompeten dibidangnya serta memiliki fasilitas yang memadai dan sesuai dengan ketetapan jasa penyelenggaraan travel umroh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah umroh di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo? (2) Adakah pengaruh fasilitas terhadap kepuasaan jamaah umroh di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo? (3) Adakah pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah umroh di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo?
Penelitian yang dilakukan penulis merupakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun sampel berjumlah 89. Dalam penelitian ini pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2 menggunakan analisis regresi linier sederhana yang dikuatkan dengan uji t, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah 3 menggunakan analisis regresi linier berganda yang dikuatkan dengan uji f.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Secara parsial ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah umroh di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo karena thitung> ttabel yaitu 4,305 > 1,987, atau besarnya pengaruh ada 17,6%. (2) Secara parsial ada pengaruh fasilitas terhadap kepuasan jamaah umroh di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo karena thitung> ttabel 7,011 > 1,987, atau besarnya pengaruh 36,1%. (3) Secara simultan ada pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah umroh di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo karena Fhitung> Ftabel yaitu 28,894 > 3,10, atau besarnya pengaruh 40,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Moh. Mukhlas |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 06:14 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 06:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8850 |
Actions (login required)
View Item |