Budaya Game Online Di Lingkungan Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Ponorogo

Faudina, Rizki Rahmadya (2020) Budaya Game Online Di Lingkungan Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210315207 RIZKI RAHMADYA FAUDINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmadya Faudina, Rizki. 2020. Budaya Game Online dikalangan Mahaiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Poorogo. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Drs. Harjali, M.Pd.
Kata Kunci : Budaya, Game Online, PAI
Di zaman yang modern ini, game online sudah tidak asing lagi di telinga kaum manusia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dalam 10 tahun terakhir, game online sudah menjamur dimana-mana. Apalagi sekarang banyak warung internet (warnet) dan game center yang menjadi pusat bermain anak muda. Game online tidak akan memiliki pengaruh pada kehidupan jika kehadirannya tidak digunakan secara berlebihan. Namun realitanya, kini banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk bermain Game online, baik di cafe, warnet, kampus atau dimanapun. Game online ini membuat para gamers lupa akan waktu, dan tidak mengenal kata lelah. Karena itulah penelitian ini dilakukan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Untuk mengetahui apa saja jenis Game online yang disukai oleh mahasiswa jurusan PAI IAIN Ponorogo. (2) Untuk mengetahui bagaimana implikasi/akibatnya terhadap prilaku belajar mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam analisis data yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu data reduksi (reduction
3
data), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification).
Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Macam atau jenis game online yang disukai oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo yaitu: a) Mobile Legends (ML), b) PlayerUnknow BattleGround (PUBG), c) Free Fire (FF), d) HAGO. (2) Implikasi game online terhadap prilaku belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo adalah: a) Lupa akan waktu beajar, aktifitas harian, dan tugasnya sebagai seorang muslim, b) Apatis terhadap keluarga, teman, dan lingkungan c) Kesehatan dan prestasi belajar menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:30
Last Modified: 09 Mar 2020 04:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8849

Actions (login required)

View Item View Item