Susanti, Mega (2020) Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Sorogan Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
210315106 MEGA SUSANTI.pdf Download (751kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Susanti, Mega. 2020. pembelajaran kitab kuning berbasis
sorogan sorogan di Pondok Pesantrn Darul Huda
Mayak Tonatan Ponorogo tahun ajaran 2018/2019.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Irfan Riyadi,
M.Ag.
Kata Kunci: pemahaman kitab kuning, sorogaan
Pendidikan adalah usaha untuk membantu seseorang
yang pada umumnya belum dewasa untuk mencapai
kedewasaan. Pendidikan pesantren salafi di Indonesia
umumnya menggunakan metode sorogan, yang mana hal itu
juga di terapkan di Pondok Pesantren Darul Huda. Berdasar
hasil observasi, terdapat beberapa santri yang belum lancar
membaca kitab safinah an-najah secara mandiri. Mereka
masih bergantung pada kitab jembrok, selain itu kemampuan
ilmu alat atau nahwu shorofnya masih kurang dikuasai.
Selain itu terdapat beberapa santri yang tidak memenuhi
target pencapaian fashl sesuai waktu yang ditentukan.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui
bagaimana pembelajaran kitab kuning berbasis sorogan di
Pondok Pesantren Darul Huda 2018/2019.(2) untuk
mengetahui masalah pembelajaran kitab kuning berbasis
sorogan di pondok pesantren Darul Huda 2018/2019.(3)
untuk mengetahui implikasi dalam pembelajaran kitab
kuning berbasis sorogan di Pondok Pesantren Darul Huda
2018/2019. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi
iii
data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian ini, yaitu (1) Bentuk pembelajaran
kitab kuning berbasis sorogan di pondok pesantren Darul
Huda 2018/2019 adalah diskusi guru dan murid, ada
pekerjaan rumah setelah pengajian, adanya lomba sorogan,
belajar menggunakan kitab jimro‟, tes klasifikasi tingkat
sorogan.;(2) Masalah pembelajaran kitab kuning berbasis
sorogan di pondok pesantren Darul 2018/2019 adalah
sorogan sebagai wadah untuk mengamalkan pelajaran
sekolah sore maupun sekolah pagi, jika majunya dengan
undian maka santri lebih menyimak setoran temantemannya
hal itu membuat mereka mendapat pengetahuan
yang baru, di dalam pengajian sorogan terdapat satu
ustadzah pembimbing, adanya kitab jimro’, adanya
ringkasan nahwu shorof, adanya kitab jurumiyah wa shorof,
kitab imrthi, kitab majmu’ dan kitab al-fiyah, adanya buku
penunjang untuk belajar kitab, adanya organisasi pendidikan
di Pondok Pesantren Darul Huda. Faktor penghambatnya
adalah ustadzahnya yang jarang masuk, siswa yang kurang
memperhatikan saat di ajar, kurangnya evaluasi dari guru,
santri kurangnya muthola’ah materi yang telah di dapatkan,
waktu yang tersedia terbatas, berbeda-bedanya kondisi awal
santri, kurangnya santri dalam setoran, banyaknya santri
dalam satu kelompok.;(3) Implikasi dalam pembelajaran
kitab kuning berbasis sorogan di Pondok Pesantren Darul
Huda.santri bertambah semangat dalam belajar, hasil belajar
meningkat, mampu membaca kitab kuning tanp
menggunakan kitab jimro‟, dapat mengaplikasikan pelajaran
kitab kuning dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Irfan Riyadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 04:40 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 04:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8847 |
Actions (login required)
View Item |