Implementasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa di SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo

Wijaya, Adi Putra (2020) Implementasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa di SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ADI PUTRA WIJAYA - 212217043.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterbatasan pengetahuan orang tua tentang bagaimana mengarahkan anak secara teratur membuat banyaknya anak yang tumbuh dan berkembang dalam pengembangan bakat yang kurang tepat. Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai tugas untuk membantu orang tua dalam meningkatkan potensi yang dimiliki oleh siswa, baik minat maupun bakat mereka. Melalui pembinaan kesiswaan bertujuan untuk mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggul sesuai bakat dan minat. Berdasarkan hasil pengamatan bahwa SMP Negeri 2 Sukorejo sebagai salah satu lembaga pendidikan berperan dalam meningkatkan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Hal tersebut sesuai dengan salah satu tujuan pendidikan di lembaga tersebut yang berbunyi “Mengembangkan potensi peserta didik melalui ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat peserta didik”.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis: 1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo. 2) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo. 3) pelaksanaan kegiatan esktrakurikuler di SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo. 4) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo. 5) implikasi manajemen kegiatan ekstrakurikuler terhadap minat dan bakat siswa.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data melalui reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini bahwa: 1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sukorejo diimplementasikan sesuai dengan fungsi manajemen perencanan. 2) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sukorejo dilakukan dengan menetapkan setiap individu yang terlibat di dalam kegiatan tersebut berserta perannya yang tercantum di dalam struktur organisasi yang dibentuk. 3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sukorejo dilakukan oleh setiap individu yang terlibat di dalam kegiatan sesuai dengan perannya melalui arahan dan motivasi yang disampaikan serta komunikasi aktif yang selalu ditekankan oleh kepala sekolah; 4) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sukorejo dilakukan dengan memperhatikan pencapaian siswa yang dilihat dari keaktifan siswa, kecakapan siswa dan prestasi yang didapati siswa. 5) melalui implementasi manajemen kegiatan ekstrakurikuler, minat dan bakat siswa di SMP Negeri 2 Sukorejo berkembang dengan baik.

The limited knowledge of parents about how to direct children regularly makes many children grow and develop in the development of inadequate talent. Schools are educational institutions whose job is to help parents increase their potential, both in their interests and talents. Through student coaching aims to actualize the potential of students in achieving superior performance according to their talents and interests. Based on observations that SMP Negeri 2 Sukorejo as one of the educational institutions plays a role in increasing the interests and talents of students through extracurricular activities. This is in accordance with one of the educational goals in the institution which reads "Developing the potential of students through extracurricular activities in accordance with the talents and interests of students".
The purpose of this research is to analyze: 1) planning of extracurricular activities in SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo. 2) organizing extracurricular activities in SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo. 3) the implementation of extracurricular activities in SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo. 4) evaluation of extracurricular activities at SMP Negeri 2 Sukorejo Ponorogo. 5) the implications of the management of extracurricular activities on the interests and talents of students.
This type of research is a case study with a qualitative approach. Data collection is done through interviews, observation and documentation. While the technical analysis of data through data reduction, data display, and conclusion making.
The results of this study that: 1) planning extracurricular activities in SMP Negeri 2 Sukorejo is implemented in accordance with the planning management function. 2) organizing extracurricular activities in SMP Negeri 2 Sukorejo is done by determining each individual involved in these activities along with their roles listed in the organizational structure formed. 3) the implementation of extracurricular activities in SMP Negeri 2 Sukorejo is carried out by each individual involved in the activity in accordance with his role through the direction and motivation conveyed as well as active communication which is always emphasized by the school principal; 4) the evaluation of extracurricular activities at SMP Negeri 2 Sukorejo is carried out with regard to student achievements as seen from student activity, student skills and achievements found by students. 5) through the implementation of extracurricular activities management, students' interests and talents in SMP Negeri 2 Sukorejo are well developed.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:52
Last Modified: 09 Mar 2020 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item