Peran Teman Sebaya dalam Proses Belajar Anak Tuna Netra pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di Panti Asuhan Tuna Netra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo)

Maksum, Sarwani (2019) Peran Teman Sebaya dalam Proses Belajar Anak Tuna Netra pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di Panti Asuhan Tuna Netra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN ponorogo.

[img] Text
upload perpus 1 kui.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Maksum, Sarwani. 2019. Peran Teman Sebaya dalam Proses Belajar Anak Tuna Netra pada Mata Pelajaran Pai Studi Kasus di Panti Asuhan Tuna Netra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo, Pembimbing, H. Mukhlison Effendi, M.Ag
Kata Kunci: Teman sebaya, proses belajar, tuna netra, kesulitan dan solusi belajar
Pendidikan sangatlah penting bagi kita semua khususnya pada seorang anak, karena dengan pendidikan seseorang akan mengetahui mana yang haq dan mana yang batil. Dalam agama Islam pendidikan tidak hanya dilakukan sampai sesorang merasa puas akan pengetahuan, berhenti mencari ilmu dan mengenyam suatu pendidikan, namun Islam mengajarkan bagi umatnya bahwa pendidikan itu dimulai dari sesorang lahir ke dunia ini sampai meninggal dunia. Allah SWT akan mengangkat derajat sesorang yang memuntut ilmu. Allah SWT tidak membeda-bedakan umatnya entah itu dalam keadaan tubuh yang normal maupun tubuh yang memiliki kebutuhan khusus seperti seseorang yang menderita gangguan pengelihatan yang sering disebut dengan tuna netra.
Penelitian ini bertuuan untuk mengetahui peran teman sebaya dalam proses belajar pada mata pelajaran PAI serta mengetahui kendala dan solusi proses belajar bagi anak tuna netra.
Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data ala Miles dan Huberman dengan model interaktif menggunakan redusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dalam hasil analisis yang disimpulkan bahwa: (1) peran teman sebaya dalam proses belajar anak tuna netra dalam proses belajar anak tuna netra pada mata pelajaran PAI adalah menunjukan, membatu dan menjelaskan kesulitan-kesulitan yang dialai anak tuna netra dalam proses belajar bagi anak tuna netra, (2) memecahkan kesulitan dalam pemecahan masalah bagi teman sebaya terhadap proses belajar bagi anak tuna netra pada mata pelajaran PAI yaitu perbedaan juruan antara teman sebaya dengan anak tuna netra dan menelaskan suatu gambaran maupun keadaan yang belum difahami anak tuna netra.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: mukhlison effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:30
Last Modified: 09 Mar 2020 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item