Desain Pengembangan Inovasi Madrasah Berbasis Vokasional (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo)

Devy, Mutia (2020) Desain Pengembangan Inovasi Madrasah Berbasis Vokasional (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi new jann joss 1 revisi Upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
MUTIA DEVY. 2020. Desain Pengembangan Inovasi Madrasah Berbasis Vokasional (Penelitian Kualitatif di MAN 1 Ponorogo). SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr Muhammad Toyib, M.Pd.
Kata Kunci:Inovasi Pendidikan, Program Vokasional
Pendidikan merupakan pondasi dasar dalam menciptakan generasi yang unggul dan siap bersaing di era globalisasi. Mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong kurang atau tidak berhasil. Hal tersebut karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya: strategi pembangunan pendidikan selama ini yang bersifat input oriented. Strategi yang demikian bersandar apabila kebutuhan input sudah terpenuhi, seperti penyediaan buku-buku, penyedian sarana dan prasarana, dan tenaga pendidik dan kependidikan maka mutu pendidikan akan bagus sesuai apa yang diharapkan. Padahal untuk menjadikan pendidikan memiliki kualitas tidak cukup hanya kebutuhan fisik saja, ia harus terus melakukan inovasi atau pembaharuan untuk menjawab tantangan dan revolusi industri sekarang ini. Demikian pula dengan pendidikan berbasis islam. Di era digitalisasi dan percepatan industri, lembaga pendidikan islam atau madrasah dituntut untuk terus berkembang dan mengikuti arus perkembangan jaman. Berdasarkan uraian singkat diatas, peneliti bermaksut akan mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana tahap inisiasi inovasi madrasah unggul berbasis Vokasional di MAN 1 Ponorogo? (2) Bagaimana tahap implementasi inovasi madrasah unggul berbasis Vokasional di MAN 1 Ponorogo? (3) Bagaimana model inovasi madrasah unggul berbasis Vokasional di MAN 1 Ponorogo?
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Yang mana peneliti langsung terjun kelapangan untuk mengetahui fenomena apa yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang sudah disusun. Dalam pengumpulan data peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan tekhnik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Tahap Inisiasi, Secara singkat tahap Inisiasi pada inovasi MAN 1 Ponorogo penyelenggara program keterampilan meliputi: Tahapan Pertama, yaitu menyadari tentang pentingnya inovasi dalam lembaga, yang ditandai dengan mencari, mengumpulkan dan merefleksikan ide-ide kreatif dan isu-isu terkini terkait inovasi madrasah. Tahapan Kedua, menaruh perhatian pada peluang program keterampilan. Tahapan ketiga, menilai menimbang dengan berbagai pertimbangan cocok tidaknya untuk diimplementasikan di dalam lembaga. Tahapan keempat, mencoba tawaran program tersebut disosialisasikan dengan seluruh guru. Tahapan ke lima, menerima ditandai dengan kekompakan antara kepala sekolah dan guru untuk melakukan inovasi madrasah. 2) Tahap Implementasi yang terdiri dari tahap awal dan berkelanjutan dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa bagian tahapan lagi, yaitu: Tahapan Pertama, Menetapkan struktur program keterampillan. Tahapan kedua, pembagian program keterampilan sesuai jurusan. Tahapan ketiga, pengaturan SDM yang mencangkup pengarahan dan penempatan sesuai dengan bidangnya. Tahapan ke empat, pelaksanaan inovasi pendidikan madrasah berbasis vokasi dibawah koordinasi pengawasan dan evaluasi pihak ITS Surabaya dan Kementerian Agama. 3) Model Inovasi Pendidikan, Madrasah menggunakan model kedua-duanya, top-down model dan bottom-up model karena selain sebagai pelaksana dari program ITS Surabaya dan pemerintah, madrasah juga ikut andil dalam perencana dan pengkonsep jalanya implementasi program keterampilan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:28
Last Modified: 05 Mar 2020 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item