Konsep akhlak murid terhadap guru (Studi Komparasi antara kitab Adab al-Alim wa al-Muta'allim dan kitab Taisirul al-Khallaq)

Hidayah, Lailatul (2020) Konsep akhlak murid terhadap guru (Studi Komparasi antara kitab Adab al-Alim wa al-Muta'allim dan kitab Taisirul al-Khallaq). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jadii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
LAILATUL HIDAYAH. Konsep Akhlak Murid terhadap Guru (Studi Komparasi Kitab Adabul Alim wa Mutaalim dan Kitab Taysirul Khallaq). Skripsi. Ponorogo: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. 2020. Pembimbing Dr. M. Toyib, M. Pd.I
Kata Kunci: Akhlak, Murid, Guru, Adabul Alim wa Mutaalim, Taysirul Khallaq.
Pada hakekatnya, manusia diciptakan dengan sempurna di alam ini. Manusia juga yang menjadikan ia berbeda dengan lainnya adalah bahwa sesungguhnya manusia membutuhkan bimbingan dan pendidikan. Pendidikanlah sebagai alat yang ampuh untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya. Sehingga manusia dapat menjadi khalifah di bumi dan pengemvang kebudayaan. Pada latar belakang dari penelitian ini adalah adanya berbagai kasus pelanggran murid terhadap gurunya dalam kehidupan sehari-hari. Maka, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep akhlak murid terhadap guru yang ideal menurut KH. Hasyim Asyari dan Hafidz Hasan Masudi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi konsep menurut kedua kitab tersebut kemudian dibandingkan.
Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi bagaimana akhlak murid terhadap guru menurut KH. Hasyim Asyari dalam Kitab Adabul Alim wa Mutaallim dan menurut Hafidz Hasan Masudi dalam Kitab Taysirul Khallaq. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep akhlak murid terhadap guru dalam kitab Adabul Alim wa Mutaallim?, (2) bagaimana konsep akhlak murid terhadap guru dalam kitab taysirul khallaq?, dan (3) bagaimana perbedaan dan persamaan konsep akhlak murid terhadap guru antara KH. Hasyim Asyari dan Hafidz Hasan Masudi?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya adalah library research atau kepustakaan. Data dalam penelitian ini berupa buku, catatan maupun kata-kata yang terangkum dalam kitab Adabul Alim wa Mutaalim dan Taysirul Khallaq. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Adapunteknik analisi yang digunakan dalam penelitian adalah analisis isi (content analysis). Proses analisis dimulai drngan menelaah seluruh data yang diperoleh penulis dari berbagai sumber.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) akhlak murid terhadap guru yang ideal menurut kedua kitab memiliki isi bahwasanya seorang murid harus berakhlak yang baik dan mengormati gurunya baik ketika sebelum proses pembelajaran, sedang proses pembelajaran, maupun setelah proses pembelajaran. (2) persamaan antara kedua kitab tersebut yaitu keduanya menjelakan bagaimana memuliakan guru, menghormati guru dengan baik, bertingkah laku yang baik kepada guru. Sedangkan perbedaannya dalam kitab Taysirul Khallaq menyebutkan adanya kedudukan mulia yang diberikan kepada guru dibandingkan orang tua sedangkan dalam kitab Adabul Alim wa Mutaalim tidak menjelaskan hal berikut, lebih menjelakan akhlak yang baik kepada guru saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Toyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:05
Last Modified: 05 Mar 2020 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8810

Actions (login required)

View Item View Item