Korelasi Self Concept dan Self Esteem dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Quran Hadits di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Pelajaran 2019-2020

Munawaroh, Zumrotul (2020) Korelasi Self Concept dan Self Esteem dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Quran Hadits di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Zumrotul Munawaroh_210316179.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Munawaroh, Zumrotul. 2020. Korelasi Self Concept dan Self Esteem dengan
Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di Mts
Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr.
Muhammad Ali, M. Pd.
Kata Kunci: Self Concept, Self Esteem dan Motivasi Belajar
Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang berasal dari luar
maupun dalam diri seorang individu untuk melakukan sesuatu dalam rangka
mencapai suatu tujuan belajar. Secara umum dibagi menjadi dua faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantara
faktor internal berkenaan dengan kondisi psikologis (self concept dan self esteem),
dan kondisi fisik. Sedangkan faktor eksternal berkenaan dengan kondisi sosial dan
non-sosial. Peningkatan self concept dan self esteem yang positif akan
mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs
Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2019-2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara self
concept dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs
Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2019-2020, (2) hubungan
antara self esteem dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an
Hadits di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2019-2020, (3)
hubungan antara self concept dan self esteem terhadap motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo tahun
pelajaran 2019-2020.
Pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berpedoman pada skala Likert.
Adapun teknik analisis penelitian menggunakan korelasi product moment dan
korelasi berganda. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 85 siswa dan
semuanya dijadikan sebagai sampel. Sehingga teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah sampling jenuh.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rhitung = 0,419 > rtabel =
0,220, artinya terdapat korelasi yang signifikan antara self concept dengan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Nurul
Mujtahidin Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2019-2020. Nilai koefisien R2 dalam
penelitian ini 0,175 atau sebesar 18%. (2) nilai rhitung = 0,368 > rtabel 0,220, artinya
terdapat korelasi yang signifikan antara self esteem dengan motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo
tahun pelajaran 2019-2020. Nilai koefisien R2 dalam penelitian ini 0,135 atau
sebesar 14%. (3) nilai Fhitung = 13,641 > Ftabel = 3,11, berarti terdapat korelasi yang
signifikan antara self concept dan self esteem dengan motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo tahun
pelajaran 2019-2020. Nilai koefisien R2 dalam penelitian ini 0,242 atau sebesar
24%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:09
Last Modified: 05 Mar 2020 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8805

Actions (login required)

View Item View Item