Peran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Menuju Sekolah Efektif (Studi Kasus Pada MTs Negeri 6 Ponorogo)

Fauzi, Sukron (2020) Peran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Menuju Sekolah Efektif (Studi Kasus Pada MTs Negeri 6 Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
sukron fauzi All thesis - upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fauzi, Sukron. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Menuju Sekolah Efektif (Studi Kasus pada MTs Negeri 6 Ponorogo). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.

Kata kunci: Manajerial, Kepala Sekolah, Sumber Daya Manusia, Sekolah Efektif, Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Ponorogo.

Pendidikan tidak terlepas dari campur tangan kepemimpinan dan seluruh organisasi. Dalam mencapai pendidikan yang bermutu dan sempurna butuh proses. Rendahnya sumber daya manusia baik tenaga pendidik (guru) maupun tenaga nonpendidik (tata usaha) pada setiap jenjang menyebabkan paradigma yang dikembangkan dalam sistem pendidikan kita tampaknya tidak pernah beranjak menuju ke arah yang berkualitas. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 6 Ponorogo. Alasan memilih lokasi ini karena peneliti termasuk salah satu guru di MTs Negeri 6 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengungkapkan tentang kemampuan manajerial kepala sekolah di MTs Negeri 6 Ponorogo; 2) Untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi perencanaan pengembangan sumber daya manusia di MTs Negeri 6 Ponorogo; 3) Untuk memberikan gambaran perwujudan sekolah efektif di MTs Negeri 6 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Kemampuan manajerial kepala sekolah MTs Negeri 6 Ponorogo sudah baik hal ini dibuktikan dengan MTs Negeri 6 Ponorogo menjadi sekolah berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana alam yang berbasis adiwiyata, kemudian mendapat predikat sekolah ramah anak oleh beberapa lembaga dan elemen sosial lainnya. 2) Pengembangan SDM di lingkungan MTs Negeri 6 Ponorogo dilakukan dengan berbagai langkah oleh kepala sekolah, memberikan peluang yang sama terhadap guru dan karyawan untuk posisi atau jabatan tertentu berdasarkan kompetensinya. Kepala sekolah selalu menganjurkan kepada guru dan karyawan mengikuti pelatihan-pelatihan, workshop dan diklat di awal semester serta setiap tahun sesuai kebutuhan dan tantangan zaman. Memberikan reward kepada guru yang berprestasi dan berinovasi. 3) Perwujudan sekolah efektif di MTs Negeri 6 Ponorogo dimulai dengan melaksanakan manajemen di sekolah, yaitu sebagai penggerak dan pemberi contoh, baik yang dimulai dari perencanaan program, pelaksanaan program, sampai kepada evaluasi program. Semuanya harus dikuasai oleh kepala sekolah. Rencana dalam sekolah efektif diantaranya menyusun visi, misi dan tujuan madrasah yang akan dicapai. Membuat program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk rencana strategis sekolah.

ABSTRACT
Fauzi, Sukron. Principal's Managerial Competence in Developing Human Resources Towards Effective Schools" (Case Study at Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Ponorogo). Thesis, Islamic Education Management Study Program, Pascasarjana, Ponorogo State Islamic Institute (IAIN). Supervisor: Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.

Keywords: Managerial, Principal, Human Resources, Effective Schools, Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Ponorogo.

Education is inseparable from the interference of leadership and the whole organization. In achieving quality and perfect education requires a process. The low level of human resources both educators (teachers) and non-educators (business administration) at every level causes the paradigm developed in our education system never seems to move towards quality. This research was conducted at MTs Negeri 6 Ponorogo. The reason for choosing this location was because the researcher was one of the teachers at MTs Negeri 6 Ponorogo.
This study aims: 1) To find out about the managerial ability of school principals in Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Ponorogo, 2) To find out how much the contribution of human resource development planning in Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Ponorogo Madrasah, 3) To find out the realization of effective schools in Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Ponorogo.
This research uses a qualitative approach to the type of case study. The research data collection was carried out through observation, in-depth interviews and documentation. While the data analysis used is Miles and Huberman's interactive techniques which include data reduction, data presentation, and conclusion making.
The results of this study are: 1) The managerial ability of the MTs Negeri 6 Ponorogo school principal is already good, this is evidenced by the MTs Negeri 6 Ponorogo becoming an Adiwiyata-based School of Environmental Disaster Mitigation and Natural Disaster Mitigation. 2) HR development in MTs Negeri 6 Ponorogo is carried out in various steps by the Head of school, providing equal opportunities for Teachers and Employees for certain positions or positions based on their competence. The Principal always advises Teachers and Employees to take part in training, worshop and training at the beginning of the semester and every year according to the needs and challenges of the times. Give rewards to teachers who excel and innovate. 3) The realization of an effective school in MTs Negeri 6 Ponorogo begins with implementing management in schools, namely as an activator and model, both starting from program planning, program implementation, to program evaluation. Everything must be controlled by the principal. Effective school plans include developing the vision, mission and objectives of the madrasa to be achieved. Creating short-term, medium-term and long-term programs for the Madrasa strategic plan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:19
Last Modified: 12 Jun 2020 04:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8780

Actions (login required)

View Item View Item