Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik (Studi Kasus Di MA Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kuaman Ponorogo)

Mutamimah, Duwi Habsari (2020) Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik (Studi Kasus Di MA Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kuaman Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DUWI HABSARI MUTAMIMAH 212217059.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mutamimah, Duwi Habsari, 2019, Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik (Studi Kasus Di MA Ma’arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Miftahul Choiri, M.A.

Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Budaya Disiplin,

Di era modern seperti sekarang ini, dimana perkembangan teknologi semakin pesat, tugas dari kepala sekolah untuk membentuk kepribadian dan karakter peserta didik yang baik semakin berat. Kepala Sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan dituntut kreatif dalam membuat peraturan dan pembiasaan hal-hal yang baik kepada para peserta didik. MA Ma’arif AL-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo adalah salah satu lembaga yang Kepala Sekolahnya mengedepankan perannya dalam kedisiplinan diantaranya yaitu membuat tata tertib dan sanksi yang mendidik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peran kepala sekolah dalam pengembangan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo. 2) Mengetahui upaya yan dilakukan Kepala sekolah dalam pengembangan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo. 3) Mengetahui hasil peran Kepala sekolah dalam pengembangan dari budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikaji, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peran Kepala sekolah dalam pengembangan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo meliputi: a) sebagai pemimpin; b) sebagai inovator yang baik untuk mewujudkan budaya disiplin. c) sebagai motivator yang disukai para peserta didik; 2) Upaya yang dilakukan sekolah dalam pengembangan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo meliputi: a) Membentuk petugas kedisiplinan yang melibatkan guru, wali kelas, peserta didik dan Kepala sekolah. b) Membuat berbagai peraturan bagi peserta didik. c) Memotivasi peserta didik, para guru serta staf agar selalu semangat dalam KBM. d) Membiasakan Kegiatan shalat dhuha. d) Memberi contoh kedisiplinan dalam hal disiplin waktu; 3) Hasil peran Kepala sekolah dalam pengembangan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo dinilai berhasil dengan adanya banyak perubahan pada peserta didik, terbukti Dengan adanya tata tertib peserta didik, dengan adanya poin-poin pelanggaran dan dengan adanya motivasi dari Kepala sekolah serta waka kesiswaan dan guru, peserta didik lebih senang dan lebih disiplin dalam hal sikap dan kebiasaan.

ABSTRACT

Mutamimah, Duwi Habsari, 2019, Role Principal in the development of a culture of student discipline (Case Study at MA Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo), Islamic Education Management Studies Program, Post Graduate Program, State Islamic Institute Ponorog. Supervisor: Dr. Moh. Miftahul Choiri, MA

Keywords: The role of the Principal, Culture of Discipline,

In the modern era, as now, where the rapid technological development, the task of the Principal to shape the personality and character are good learners heavier. Principal as the creative leader demanded educational institutions in making rules and habituation good things to the learners. MA Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo is one of the institutions emphasizes principal role in discipline among which create rules and sanctions educate.
This study aims to: 1) Determine the role of Principal in the cultural development of the discipline of students in Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo; 2) To find out the efforts made by the principal in developing a culture of students in Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo; 3) Know the results of the principal role in the development of a culture of discipline of students in Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo;
This study used a qualitative approach with case study. Collecting data in this study using in-depth interviews, observation and documentation. Data were analyzed using techniques interactife Miles and Huberman include data reduction, data presentation, and verification or conclusion.
Based on the research that has been studied, it could be concluded as follows: 1) Principal role in the cultural development of the discipline of students in Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo include: a) as a leader. b) as an innovator who better to embody a culture of discipline. c) as a motivator like learners. 2) the efforts made by the principal in the development of learner discipline culture in Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo include: a) Forming a discipline officer involving teachers, homeroom, students and principals. b) Make regulations for students. c) to motivate learners, teachers and staff to keep the spirit of the teaching. d) Familiarize Activity Duha prayer. d) Give an example of discipline in terms of the discipline of time. 3) Results Principal role in the cultural development of the discipline of students in Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Somoroto Kauman Ponorogo considered successful with the many changes in learners, proven With the discipline of students, with their points with their offense and motivation from the Principal and vice principal in student affairs and teacher, the learner is more fun and be more disciplined in terms of attitudes and habits.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh. Miftahul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Feb 2020 08:22
Last Modified: 24 Feb 2020 08:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8749

Actions (login required)

View Item View Item