الأخطاء الصوتيةلدي طلاب المدرسة الثانوية (دراسة ميدانية لطلاب الصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية فونوروجو الإسلامية الحكومية الثانية والمدرسة الثانوية ماجتان الإسلامية الحكومية الثانية)

Sari, Tri Ratna (2019) الأخطاء الصوتيةلدي طلاب المدرسة الثانوية (دراسة ميدانية لطلاب الصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية فونوروجو الإسلامية الحكومية الثانية والمدرسة الثانوية ماجتان الإسلامية الحكومية الثانية). الأخطاء الصوتيةلدي طلاب المدرسة الثانوية (دراسة ميدانية لطلاب الصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية فونوروجو الإسلامية الحكومية الثانية والمدرسة الثانوية ماجتان الإسلامية الحكومية الثانية).

[img]
Preview
Text
1. tesis full selesai ujian WATERMARK-dikonversi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sari, Tri Ratna, 2019. Kesalahan Pengucapan Pada Siswa Madrasah Aliyah (Studi Kasus Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo dan Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Magetan). Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pasca Sarjana IAIN Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Moh. Munir, Lc, M.Ag.
Kata kunci: Kesalahan Pengucapan, Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah.
Dilatarbelakangi dengan masih banyaknya kesalahan pengucapan huruf pada siswa saat membaca, maka peneliti melakukan penelitian di dua madrasah yang setingkat namun berbeda tempat, yakni MAN 2 Ponorogo dan MAN 2 Magetan, khususnya siswa kelas XI baik Jurusan Keagamaan, MIPA, maupun IPS. Kesalahan-kesalahan yang terjadi umumnya terletak pada huruf-huruf yang tidak ada dalam bahasa Indonesia seperti ص, ض, خ, ط, ذ، ع، ث.
Menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam: 1) huruf-huruf tenggorokan, 2) mengucapkan huruf-huruf lisan, dan 3) huruf-huruf bibir dengan pendekatan analisis kesalahan yaitu mengidentifikasi, mendeskripsikan, menafsirkan dan mengevaluasi. Peneliti memilih 30 siswa secara acak dari masing masing madrasah, 10 siswa jurusan Keagamaan, 10 siswa jurusan MIPA, dan 10 siswa jurusan IPS, sehingga total ada 60 siswa yang peneliti teliti. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan didokumentasikan ke dalam bentuk rekaman suara siswa ketika membaca. Hasil dokumentasi kemudian dianalisis dengan model interaktif berdasarkan teori Mile dan Huberman yang mencakup empat tahap yaitu: pengumpulan data dan pengecekan catatan lapangan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesalahan-kesalahan pengucapan huruf-huruf tenggorokan meliputi: a) Kesalahan dalam mengucapkan huruf أ, b) Kesalahan dalam mengucapkan huruf ح, c) Kesalahan dalam mengucapkan huruf خ, d) Kesalahan dalam mengucapkan huruf ع, e) Kesalahan dalam mengucapkan huruf غ.
Adapun kesalahan-kesalahan pengucapan huruf –huruf lisan meliputi: a) Kesalahan dalam mengucapkan huruf ت, b) Kesalahan dalam mengucapkan huruf ث, c) Kesalahan dalam mengucapkan huruf ج, d) Kesalahan dalam mengucapkan huruf س dan ش, e) Kesalahan dalam mengucapkan huruf ص, f) Kesalahan dalam mengucapkan huruf ض, g) Kesalahan dalam mengucapkan huruf ظ, h) Kesalahan dalam mengucapkan huruf ق.
Adapun faktor penyebab kesalahan yaitu Faktor interferensi bahasa ibu juga kurangnya latihan dalam mengucapkan huruf-huruf hijaiyyah secara benar.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:30
Last Modified: 04 Dec 2019 07:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8679

Actions (login required)

View Item View Item