Tinjauan Etika Bisnis Islam Dan Uu No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Praktik Jual Beli Produk Kosmetik Di Riva Store Cosmetic Madiun

AINA, SAFIRA (2019) Tinjauan Etika Bisnis Islam Dan Uu No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Praktik Jual Beli Produk Kosmetik Di Riva Store Cosmetic Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Aina, Safira. 2019. Tinjauan Etika Bisnis Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Praktik Jual Beli Produk Kosmetik di Riva Store Cosmetic Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Rifah Roihanah, S.H, M.Kn.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, UUPK, Jual Beli Produk Kosmetik.

Pentingnya kebutuhan kosmetik oleh masyarakat semakin menimbulkan pertumbuhan volume penjualan industri kosmetika. Penjual kadang kala tidak memperhatikan nilai-nilai dalam etika bisnis Islam dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli. Mereka cenderung lebih mementingakan keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan produknya. Sebagai contohnya praktik jual beli kosmetik yang dilakukan di Riva Store Cosmetic Madiun. Bahwasannya di dalam jual beli tersebut pembeli tidak diberikan informasi secara jujur mengenai produk kosmetik yang dijualnya. Untuk itu diperlukan perlindungan hukum bagi konsumen, mengingat lemahnya kesadaran konsumen dalam hal pengetahuan hukum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 terhadap karakteristik produk dalam jual beli produk kosmetik di Riva Store Cosmetic Madiun dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 terhadap kualitas produk kosmetik di Riva Store Cosmetic Madiun.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul, dianalisa dengan menggunakan metode induktif dengan pendekatan Etika Bisnis Islam dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Praktik jual beli produk kosmetik di Riva Store Cosmetic Madiun ini belum sesuai dengan etika bisnis Islam dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen karena belum memenuhi prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam dan penjual tidak memberikan informasi secara jujur mengenai detail barang yang ia jual, yang mana hal tersebut melanggar pasal-pasal yang terdapat dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen. (2) Kualitas produk kosmetik yang dijual di Riva Store Cosmetic masih diragukan karena beberapa krim kosmetiknya ternyata belum terdaftar di BPOM dan tidak diketahui kandungan bahan apa saja yang digunakan dalam kosmetik tersebut, hal tersebut bertentangan dengan prinsip kehendak bebas dalam etika bisnis Islam. Jika ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen maka tidak sesuai dengan Pasal 8 dan Pasal 9 mengenai perbuatan yang dilarang karena beberapa krim tidak memuat mengenai isi bersih, kandungan bahan, aturan pakai dan akibat sampingan yang mana dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan para konsumen yang menggunakan kosmetik tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RIFAH ROIHANAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:56
Last Modified: 04 Dec 2019 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8624

Actions (login required)

View Item View Item