Sistem Penjaminan Mutu Akademik Madrasah Unggul (Studi Kasus di MI Islamiyah 03 Kota Madiun)

Hamdah, Hidayatul (2019) Sistem Penjaminan Mutu Akademik Madrasah Unggul (Studi Kasus di MI Islamiyah 03 Kota Madiun). Sistem Penjaminan Mutu Akademik Madrasah Unggul.

[img]
Preview
Text
Tesis Hidayatul Hamdah.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hamdah, Hidayatul. 2019, Sistem Penjaminan Mutu Akademik Madrasah Unggul: Studi Kasus di MI Islamiyah 03 Kota Madiun. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci: Penjaminan Mutu Akademik, Madrasah Unggul

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 91 dijelaskan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Tuntutan mutu pada lingkup pendidikan merupakan faktor penting. Untuk memenuhi harapan itu, maka diperlukan sistem penjaminan mutu yang terorganisir secara benar, jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Melihat kondisi diatas, terdapat madrasah yang telah menerapkan jaminan mutu akademik, yaitu MI Islamiyah 03 Kota Madiun. Diketahui bahwasanya penjaminan mutu akademik yang diterapkan tersebut merupakan strategi branding dari MI Islamiyah 03 untuk tetap eksis dan diminati mengingat telah banyak sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah yang menerapkan berbagai kegiatan untuk menarik pelanggan pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis perencanaan kebijakan mutu akademik dalam mewujudkan madrasah unggul di MI Islamiyah 03 Kota Madiun; (2) mengetahui dan menganalisis bagaimana implementasi kebijakan mutu akademik dalam mewujudkan madrasah unggul di MI Islamiyah 03 Kota Madiun; (3) mengetahui dan menganalisis bagaimana monitoring dan evaluasi kebijakan mutu akademik dalam mewujudkan madrasah unggul di MI 03 Islamiyah Kota Madiun; (4) mengetahui dan menganalisis bagaimana act (pengembangan) kebijakan mutu akademik dalam mewujudkan madrasah unggul di MI Islamiyah 03 Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini, ada 4 Tahapan sistem penjaminan mutu akademik di MI Islamiyah 03 diantaranya (1) Perencanaan kebijakan dilaksanakan melalui musyawarah bersama antara Yayasan, Pimpinan madrasah dan Komite madrasah. Dasar penetapan kebijakan mutu, kurikulum, dan perangkat pembelajaran adalah visi misi, perumusan target prestasi, dan SNP (Standar Nasional Pendidikan). (2) Tahapan pelaksanaan kebijakan meliputi kelengkapan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, kesesuaian media pembelajaran dengan materi, dan program pengayaan sebagai penunjang pencapaian target. Pelaku utama pada tahapan pelaksanaan ini adalah pendidik dan peserta didik. (3) Tahapan evaluasi dan monitoring pendidik dilaksanakan oleh kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan waka sarana prasarana. Evaluasi dan monitoring untuk pendidik berupa PKG (Penilaian Kinerja Guru), kunjungan kelas, dan koordinasi/laporan perkembangan siswa setiap bulan. Evaluasi untuk peserta didik berupa evaluasi pembelajaran harian, ulangan harian, PTS, dan PAS. (4) Tahapan pengembangan berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, untuk pendidik dengan workshop dan rolling guru sesuai kompetensi. Untuk peserta didik berupa remedial dalam bentuk soal evaluasi, penugasan, maupun portofolio.

Item Type: Article
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2019 03:09
Last Modified: 03 Dec 2019 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8590

Actions (login required)

View Item View Item