Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun

Asfihani, Dwi Mukti (2019) Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DWI MUKTI ASFIHANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Asfihani, Dwi Mukti. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun, Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Ridho Rokamah, S.Ag., M.Si.

Kata Kunci : Keunggulan, Kelangsungan Hidup, Umpan Balik

Loyalitas nasabah merupakan tuntutan mutlak bagi perusahaan untuk menjamin kelangsungan hidup dalam usahanya tersebut, karena loyalitas nasabah merupakan puncak pencapaian pelaku bisnis. Dengan mendapatkan pelanggan yang loyal mampu membuat peluang besar bagi bank untuk memperluas jaringan pemasaran dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Tumbuhnya loyalitas nasabah dipengaruhi juga oleh kualitas layanan dan kepuasan sebuah bank. Kualitas karyawan, kemudahan prosedur, infrastruktur yang memadai pada sebuah bank bahkan mampu menjadikan nasabah untuk dapat merekomendasikan ke orang lain merupakan pencapaian yang baik bagi bank. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Madiun
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk (1)Apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah KC Madiun (2) Apakah kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah KC Madiun (3) Apakah kualitas layanan dan kepuasan berpengaruh secara bersama-sama terhadap loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah KC Madiun
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebar kuesioner. Subjek dalam penelitian ini mengambil 100 sampel atau 100 responden dari jumlah populasi sebanyak 12.000 nasabah dengan perhitungan menggunakan rumus Solvin. Teknis analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua menggunakan regresi sederhana, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah ketiga menggunakan regresi berganda dan determinasi koefisien.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Dilihat dari nilai signifikansi variabel kualitas layanan sebesar 0,009 < 0,05 dan diperoleh nilai t hitung> t tabel yaitu 2,678 > 1,988 sehingga, H0 ditolak dan H1diterima. (2)Kepuasan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Dilihat dari nilai signifikansi variabel kepuasan sebesar 0,839 > 0,05 dan diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 0,203 < 1,988 sehingga, H0 diterima dan H1 ditolak (3)Kualitas layanan dan kepuasan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah. Dilihat dari nilai siginifikansi 0,007 < 0,05 dan diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu 5,275 > 3,09. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:40
Last Modified: 02 Dec 2019 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8568

Actions (login required)

View Item View Item