Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo

Wijayati, Eva Yasika (2019) Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
EVA YASIKA WIJAYATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wijayati, Eva Yasika. 2019. Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M. Pd.

Kata Kunci: Penginderaan, Informasi, Perilaku Konsumen

Persepsi adalah anggapan langsung atas sesuatu, persepsi atau pandangan seseorang terhadap sesuatu dihasilkan dari informasi yang mereka dapatkan, hasil informasi tersebut dipahami selanjutnya konsumen akan menarik kesimpulan sehingga menciptakan sebuah penilaian terhadap sesuatu tersebut. Pengetahuan adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang berkaitan dengan fungsinya sebagai konsumen Adapun permasalahan yang ditemui dilapangan adalah persepsi dan pengetahuan pada masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo tentang bank syariah baik tetapi minat menabung pada masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo masih rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah persepsi mempengaruhi minat menabung di bank syariah pada masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo?, (2) Apakah pengetahuan mempengaruhi minat menabung di bank syariah pada masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo? (3) Apakah persepsi dan pengetahuan secara bersama-sama mempengaruhi minat menabung di bank syariah pada masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis datanya menggunkan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS 21. Sedangkan pengumpulan data peneliti menggunakan angket (kuesioner). Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan probality sampling, dengan menggunakan teknik sampel proportionate stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini 1001 penduduk Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo. Sampel yang digunakan 81 penduduk.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai sig 0,002 < 0,05 (2) pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 (3) Secara simultan persepsi dan pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:41
Last Modified: 02 Dec 2019 06:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8566

Actions (login required)

View Item View Item