Pengaruh Pemasaran Syariah Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Murabahah Di Bprs Magetan

Astutik, Dwi (2019) Pengaruh Pemasaran Syariah Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Murabahah Di Bprs Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
ALHAMDULILLAH SKRIPSI BARRR.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Astutik, Dwi. 2019. Pengaruh Pemasaran Shari>’ah dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Mura>bah{ah di BPRS Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata kunci: Pemasaran Shari>’ah, Citra Perusahaan, Keputusan Pembelian.
Keputusan pembelian adalah sebuah proses pendekatan, penyelesaian masalah, mencari informasi, beberapa penilaian alternatif, membuat keputusan membeli dan perilaku setelah membeli yang dilalui konsumen. Pemasaran syariah adalah strategi bisnis yang memayungi seluruh aktivitas dalam perusahaan meliputi seluruh proses, menciptakan, menawarkan, pertukaran nilai yang sesuai dengan ajaran Islam. Citra perusahaan merupakan persepsi costumer terhadap produk yang ditawarkan dan dipercaya memiliki karakteristik yang sama seperti potret diri dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian salah satunya adalah pemasaran syariah dan citra perusahaan. Di BPRS Magetan menerapkan dua hal tersebut namun belum secara maksimal melihat jumlah nasabah masih tergolong rendah mengingat BPRS Magetan merupakan satu-satunya BPRS di Kabupaten Magetan.
Untuk melihat seberapa besar pengaruh dari kedua faktor tersebut maka perlu diadakan penelitian lebih lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) adakah pengaruh pemasaran syariah terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan mura>bah{ah di BPRS Magetan, (2) adakah pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan mura>bah{ah di BPRS Magetan, (3) adakah pengaruh pemasaran syariah dan citra perusahaan terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan mura>bah{ah di BPRS Magetan.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif non experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian expost facto yakni penyelidikan empiris yang sistematis di mana ilmuwan tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena pada dasarnya variabel tidak dapat dimanipulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pemasaran syariah berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai t hitung 2,977 > t hitung 1,989 dan besar koefisien determinasi (R2) sebesar 9,6%, (2) citra perusahaan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai t hitung 3,240 > t tabel 1,989 dan besar koefisien determinasi (R2) sebesar 11,2%, (3) pemasaran syariah dan citra perusahaan berpengaruh terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan mura>bah{ah di BPRS Magetan dengan nilai F hitung 7,319 > F tabel 3,11 dan besar koefisien determinasi (R2) sebesar 15,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:32
Last Modified: 02 Dec 2019 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8548

Actions (login required)

View Item View Item