Pengaruh Testimoni Pembeli Dan Kualitas Barang Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Market Place Shopee Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo

Waqhidah, Finki Zumrotul (2019) Pengaruh Testimoni Pembeli Dan Kualitas Barang Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Market Place Shopee Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Waqhidah, Finki Zumrotul. 2019. Pengaruh Testimoni Pembeli dan Kualitas Barang terhadap Minat Pembelian pada Online Shop melalui Market Place Shopee Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo.Skripsi.Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh. Munir, Lc, M.Ag.Kata kunci: Testimoni Pembeli, Kualitas Barang, Minat Pembelian, ShopeeMaraknya penggunaan aplikasi Shopee yang digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa, ditambah banyaknya iklan Shopee yang tayang di televisi dan media massa, tentunya popularitas aplikasi ini tak perlu diragukan lagi. Pesatnya perkembangan teknologi khususnya dalam hal jual beli onlinemelalui Shopee oleh mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo turut mempengaruhi tingkat minat pembelian,di mana ditopang oleh beberapa faktor seperti testimoni pembeli dan kualitas barang. Testimoni adalah catatan ungkapan pelanggan atau konsumen mengenai produk/ jasa, sedangkan kualitas adalahkemampuan produk atau jasa memenuhi kebutuhan pelanggan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh testimoni pembeli terhadap minat pembelian pada online shop melalui market place Shopee mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo? (2) Adakah pengaruh kualitas barang terhadap minat pembelian pada online shop melalui market place Shopee mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo? (3) Adakah pengaruh testimoni pembeli dan kualitas barang terhadap minat pembelian pada online shop melalui market place Shopee mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo?Penelitian yang dilakukan penulis merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Syariahangkatan 2015-2019 IAIN Ponorogo yang pernah berbelanja online melalui market place Shopee. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Dalam penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh dari hasil angket yang telah diisi oleh mahasiswa Fakultas Syariah yang dijadikan sampel dalam penelitian ini dan data sekunder yang berkaitan dengan gambaran umum lokasi penelitian.Metode analisis yang digunakan dalam penelitianiniadalah uji coba instrumen,uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa (1) testimoni pembeli berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian mahasiswa, yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,261 >1,995) dan nilai signifikansi 0,002. (2) kualitas barang berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian mahasiswa, yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel(2,021 > 1,995) dan nilai signifikansi 0,047dan (3) secara bersama-sama menunjukkan bahwa testimoni pembeli dan kualitas barang berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat pembelian mahasiswa, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel(5,774 > 3,13) dan nilai signifikansi 0,005.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 04:48
Last Modified: 02 Dec 2019 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item View Item