Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Owner Online Shop By_kk)

Mufiddah, Amalia (2019) Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Owner Online Shop By_kk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Amalia Mufiddah, Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran, Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. M Irfan Riyadi, M. Ag.

Kata Kunci : Instagram, Komunikasi Pemasaran.

Dalam sebuah pemasaran suatu produk, baik barang maupun jasa tidak terlepas dari adanya suatu komunikasi antara pemasar dan konsumen. Tidak hanya lewat mulut ke mulut,komunikais bisa dilakukan secara online. Dengan menggunakan tekonologi yang ada sekarang ini seperti smartphone komunikasi dapat dijangkau dari manapun dan kapan pun. Semakin berkembangnya internet semakin berkembang pula fitur-fitur yang memberikan informasi secara cuma-cuma salah satunya instagram. Salah satu online shop yang memanfaatkan instagram sebagai media pemasaran adalah By_kk. Dengan jumlah followers mencapai 141 ribu menjual berbagai kebutuhan konsumen.
Dalam penelitian ini, untuk menjelaskan masalah yang akan penulis teliti berdasarkan latar belakang diatas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut. Bagaimana komunikasi pemasaran marketing digital melalui media instagram yang digunakan owner online shop By_kk, keunggulan dan kelemahan online shop By_kk pada pemasaran melalui media instagram.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu lebih menekankan pada rumusan bahasa dengan kata-kata secara terperinci dan disusun dalam sebuah latar ilmiah.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Intergrated Marketing Communication(IMC). Teori tersebut adalah iklan (advertising), promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, pemasaran langsung, acara(event).
Berdasarkan temuan penelitian, bahwa komunikasi pemasaran melalui media instagram yang digunakan online shop By_kk efektif, karena pesan dapat disampaikan langsung melalui unggahan foto produk kepada konsumen dengan menggunakan tiga fitur yaitu unggahan foto/video, instastory, highlights. Keunggulan dalam pemasaran terletak pada tersampaikannya pesan kepada konsumen dengan menggunakan fitur-fitur yang ada pada instagram, harga terjangkau dan up to date pada setiap variasi produk, sedangkan kelemahannya terletak pada kualitas produk dimana foto produktidak sesuai dengan produk asli dan over informasi dimana produk yang di unggah terkadang tidak tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. irfan riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:22
Last Modified: 02 Dec 2019 03:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8539

Actions (login required)

View Item View Item