tinjauan etika bisnis islam terhadap pemasaran produk olahan jamur tiram di ud. putra berkah ragil joresan mlarak ponorogo

Huda, Muhammad Amirul (2019) tinjauan etika bisnis islam terhadap pemasaran produk olahan jamur tiram di ud. putra berkah ragil joresan mlarak ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload huda.pdf

Download (927kB)

Abstract

Huda, Mohammad Amirul, 2019, Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Pemasaran Produk Olahan Jamur Tiram di UD. Putra Berkah Ragil Joresan Mlarak Ponorogo Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: M. Ilham Tanzilulloh, M,H,I.

Kata kunci: etika bisnis Islam, target pemasaran dan kualitas produk

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kegiatan ekonomi yang masih banyak para pelaku bisnis yang kurang begitu faham dengan adanya ilmu Etika bisnis, sehingga dalam mengatur kegiatan ekonominya masih menimbulkan diskriminasi terhadap sesama mitranya maupun karyawanya. Terkadang para pemilik usaha maupun karyawanya kurang menjalankan sebagaimana hak dan kewajiban sebagai pelaku Bisnis dalam menjalankan tugasnya, karena yang namanya Bisnis itu tidak hanya berorentasi pada keuntungan saja, melainkan harus mengedepankan kepentingan konsumen, lebih mengedepankan kejujuran, tanggung jawab, serta kualitas dari produk itu sendiri.

Berangkat dari latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai; Bagaimana tinjauanetika bisnis Islam terhadap target pemasaran di UD.Putra Berkah Ragil Jorean Mlarak Ponorogo dan Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap kualitas produk di UD. Putra Berkah Ragil Jorean Mlarak Ponorogo.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawncara dan dokumentas. Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada target pemasaran berdasarkan prinsip-prinsip apa yang terdapat dalam etika bisnis Islam pada aspek kehendak bebas (free will) dan kebenaran (benevolence) sudah terpenuhi, karena para karyawan sudah menyampaikan kehendaknya dan bersikap jujur terhadap pemilik usaha. Sedangkan pada aspek pertanggungjawaban (responsibility) dan keseimbangan (equilibrium) dan kesatuan (unity) belum terpenuhi, karena para karyawan lalai dalam bekerja dan tidak menjaga keharmonisan terhadap pemilik usaha, sehingga menimbulkan masalah pada praktik target pemasaran. Sedangkan pada masalah kualitas produk semua prinsip-prinsip apa yang terdapat dalam etika bisnis Islam belum terpenuhi, karena apa yang telah terjadi yang dilakukan oleh pemilik usaha, maupun para karyawanya belum mencerminkan sikap yang profesional sehingga mempengaruhi kualitas pada produk olahan jamur tiram yang disimpan di freezer.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:23
Last Modified: 02 Dec 2019 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8538

Actions (login required)

View Item View Item