citra perempuan hijab dalam iklan youtube (iklan “downy parfum collection” analisis semiotika charles sanders pierce)

hidayati, Nurul (2019) citra perempuan hijab dalam iklan youtube (iklan “downy parfum collection” analisis semiotika charles sanders pierce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
selesai.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hidayati, Nurul. 2019. CITRA PEREMPUAN HIJAB DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Terhadap Kekuatan Pesona Perempuan Hijab dalam Iklan "Downy Parfum Collection Laudya Cynthia bella") Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ahmad Faruk, M. Fil.I.
Kata Kunci: Semiotika, Citra Perempuan Hijab dalam Iklan.
Penelitian ini membahas bagaimana citra perempan berhijab dalam iklan Downy Parfum Collection di televisi maupun di youtube. Iklan Downy Parfum Collection memberikan tampilan baru yakni memakai model perepuan yang meggunakan hijab. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa perempuan tetap tampil percaya diri dengan hijabnya, tetap merasakan nyaman ketikan menggunakn hijabnya. Sementara penelitian ini, Penulis menggunakan teori semiotika. karena itu, Penulis merumuskan masalah penelitian ini, dan bertujuan hendak mengetahui (1) tanda atas ikon, indeks dan simbol dalam pesona perempuan berhijab dalam iklan Downy Parfum Collection versi Laudya Cynthia Bella, dan (2) citra perempuan berhijab yang dimunculkan oleh iklan Downy Parfum Collection versi Laudya Cynthia Bella.
Jenis penelitian ini, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu prosedeur penelitian yang menghasikan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengn cara mengamati iklan Downy Parfum Collecton yang dibintangi oleh Laudya Cynthia Bella yang dapat dilihat melalui televisi maupun youtube. Penulis selanjutnya mengumpulkan data dan menganalisis iklan tersebut dengan teori analisis Charles Sanders Pierce membagi tanda atas ikon, indeks dan simbol.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) simbolisasi tanda dalam iklan pewangi pakaian Downy Parfum Collection versi Laudya Cynthia Bella mempresentasikan citra perempuan berhijab ini ditandai dengan aktifitas sehari-hari yang dilakukannya dan ekspresi wajah dari model iklan tersebut. (2) Juga mencerminkan bahwa Laudya Cynthia Bella sosok yang menjaga kemuliaan hijabnya. Seperti yang digambarkan dalam iklan. Dia tampak anggun dan percaya diri setelah menggunakan pewangi pakaian Downy Parfum Collection. Tanpa khawatir akan bau yang menempel pada pakaiannya, meskipun melewati banyak orang yang sedang memasak beraneka ragam masakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:38
Last Modified: 02 Dec 2019 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8531

Actions (login required)

View Item View Item