kompetensi kepribadian guru dan implikasinya terhadap kedisiplinan dan ketertiban peserta didik di ma miftahul ulum kradinan dolopo madiun

Baidhowi, Muhammad I'san (2019) kompetensi kepribadian guru dan implikasinya terhadap kedisiplinan dan ketertiban peserta didik di ma miftahul ulum kradinan dolopo madiun. Undergraduate (S1) thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
siap_upload_ihsan-converted.pdf

Download (862kB)

Abstract

Baidhowi, Muhammad I’san. 2019. Kompetensi Kepribadian Guru dan
Implikasinya terhadap Kedisiplinan dan Ketertiban Peserta Didik di MA
Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Ponorogo. Pembimbing Drs. H. Moch. Saichu. M.Si.
Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Kedisiplinan dan Ketertiban
Peserta Didik.
Latar belakang penelitian ini adalah Kompetensi Kepribadian guru yang
Harus dimiliki oleh semua guru dalam memberikan pembelajaran di dalam maupun
di luar kelas, dan penanaman kepribadian yang baik serta melaksanakn kedisiplinan
dan ketertiban tanpa adanya paksaan. Berdasarkan demikian mendorong penyusun
untuk mengadakan penelitian terkait dengan implikasi kompetensi kepribadian guru
terhadap kedisiplinan dan ketertiban peserta didik di MA Miftahul Ulum, yang
menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: kondisi kompetensi
kepribadianguru di MA Miftahul Ulum dan keterkaitannya antara kompetensi
kepribadian guru dengan kedisiplinan dan ketertiban peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kompetensi kepribadian
guru di MA Miftahul Ulum serta mengetahui keterkaitan atau implikasi antara
kompetensi kepribadian guru dengan kedisiplinan dan ketertiban peserta didik. Hasil
penelitian ini diharapkan membantu para guru dalam mendisplinkan peserta didiknya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif,
pengambilan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, data
observasi diperoleh dari kegiatan sehari-hari di MA Miftahul Ulum, data wawancara
diperoleh dari informan Kepala Sekolah MA Miftahul Ulum, Ustadz-ustadzah MA
Miftahul Ulum dan para siswa-siswi di MA Miftahul Ulum, dan data dokumentasi
diperoleh dari tata usaha MA Miftahul Uuum, dari data yang diperoleh kemudian
dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk kalimat untuk mempermudah dalam
melakukan pembahasan dalam penelitian ini.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi kompetensi
kepribadian guru di MA Miftahul Ulum bisa dikatakan baik, guru mampu berbaur
dengan peserta didik dengan baik dan guru mampu menanamkan nilai-nilai disiplin
yang baik. (2) ada keterkaitan atau implikasi antara kompetensi kepribadian guru
dengan kedisiplinan dan ketertiban peserta didik,sebab guru menjadi panutan atau
contoh bagi peserta didik ketika berada dilingkungan sekolah. Hal tersebut
membuktikan adanya keterkaitan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moch. Saichu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:30
Last Modified: 02 Dec 2019 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item View Item