implementasi manajemen pendidikan kewirausahaan di madrasah aliyah negeri 3 madiun

Pratama, Yogik Maulana Septa (2019) implementasi manajemen pendidikan kewirausahaan di madrasah aliyah negeri 3 madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis Yogik Maulana Septa Pratama.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan kewirausahaan bukan lagi sekedar tren, melainkan sudah menjadi kebutuhan. Khususnya pendidikan saat ini di Indonesia yaitu bagaimana pendidikan mampu menghasilkan lulusan yang mandiri yang memiliki jiwa dan kompetensi kewirausahaan, untuk mengatasi problem pengangguran yang diakibatkan ketidakmampuan dan ketidakberanian lulusan untuk berwiraswasta atau wirausaha.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) perencanaan pendidikan kewirausahaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun, 2) pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Madiun, 3) evaluasi pendidikan kewirausahaan di MAN 3 Madiun.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi MAN 3 MADIUN. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, Sedangkan analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pendidikan kewirausahaan di MAN 3 Madiunmelibatkan pihak internal dan eksternal madrasah, internal madrasah meliputi guru kewirausahaan, kepala madrasah, waka kurikulum, waka sarpras, tata usaha, dan sebagian anggota guru madrasah. Eksternal madrasah meliputi komite beserta anggota dan wali murid. Tahap perencanaan membahas mengenai rencana jangka pendek dan jangka panjang 4-5 tahunan yang diintegrasikan dengan rencana kerja madrasah. Sebagaiantisipasiataspermasalahan yang timbulditengah ada rencana proaktif dan reaktif untuk menghadapi adanya perubahan atau tambahan dalam perencanaannya. 2) Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di MAN 3 Madiun menitikberatkan pada praktik berwirausahadilakukan oleh satu guru yang mempunyai SDM ahli dalam bidang pendidikan kewirausahaan, dalam pelaksanaannya menanamkan Sifat-sifat/Karakter wirausaha, diantaranya:a). Kepribadian Wirausaha, b). Kemampuan memahami dan mengerti orang lain, c). Keinginan untuk melakukan inovasi, d). Menyukai gagasan-gagasan, e). Percaya akan pengembangan produk baru. siswa juga diajak untuk mengidentifikasi profil karakter wirausahawan sukses untuk menanamkan karakter wirausaha. Disisi lain Pelaksanaan progam pendidikan tersebut mendapatkan respon baik dari pihak madrasah, wali siswa dan masyarakat. 3) Evaluasi pendidikan kewirausahaan di MAN 3 Madiun meliputi: evaluasi teori dan praktik. Evaluasi teori menggunakan pre test dan pos testdilakukan sebelum dan sesudah mendapatkan teori, jenis evaluasi teori meliputi evaluasi harian, evaluasi akhir semester, dan evaluasi akhir tahun. Evaluasi praktik menggunkan evaluasi penempatan untuk memilih kelompok belajar sesuai keahlian yangdiminati, evaluasi ini dilakukan pada kelas XII. Tolok ukur keberhasilan progam,siswa menguasai materi pendidikan kewirausahaan di kelas,praktik, dan mengikuti magang, dengan dibuktikan jumlah alokasi waktu yang diikuti siswa selama 206 Jam dan juga mampu membuat produk Kewirausahaan. Jika tidak tercapai dilakukan evaluasi diagnosis.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:21
Last Modified: 02 Dec 2019 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8519

Actions (login required)

View Item View Item