pengaruh pendekatan emosional guru dan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ski di ma muhammadiyah 1 ponorogo tahun pelajaran 2019/2020

Rumpoko, Habib (2019) pengaruh pendekatan emosional guru dan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ski di ma muhammadiyah 1 ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SIAP Upload-converted.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumpoko, Habib. 2019. Pengaruh Pendekatan Emosional Guru dan Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Lia Amalia, M.Si.

Kata Kunci: Pendekatan Emosional, Pemberian Reward, Motivasi Belajar

Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki siswa tercapai. Siswa yang memiliki motivasi kuat akan memiliki banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Namun siswa memiliki perbedaan dalam aspek motivasi diri ini. Hal inilah yang mendorong guru untuk lebih bisa meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan emosional dan pemberian reward kepada siswa khususnya di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Dengan adanya dorongan dari guru melalui pendekatan emosional dan pemberian reward tersebut diharapkan siswa lebih termotivasi dalam proses belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari: (1) ada tidaknya pengaruh pendekatan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo, (2) ada tidaknya pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo, dan (3) ada tidaknya pengaruh pendekatan emosional guru dan pemberian reward terhadap terhadap motivasi belajar siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan jumlah 78 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) pendekatan emosional berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 10,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lainnya, diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 2,992>1,995, (2) pemberian reward berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 6,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lainnya, diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 2,265>1,995, (3) pendekatan emosional guru dan pemberian reward secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo sebesar 11,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lainnya. Hal ini ditunjukkan oleh hasil Fhitung>Ftabel yaitu 4,879>2,73.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:47
Last Modified: 02 Dec 2019 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8508

Actions (login required)

View Item View Item