Manajemen Inovasi Dan Loyalitas Konsumen Pada UD Hasby Mlarak Ponorogo

Husaini, Hasnah (2019) Manajemen Inovasi Dan Loyalitas Konsumen Pada UD Hasby Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD HASNAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hasnah Husaini. 2019. Manajemen Inovasi Dan loyalitas Konsumen UD. Hasby Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Said Abadi,Lc, M.A.
Kata Kunci: Manajemen Inovasi, Loyalitas Konsumen.

UD Hasby adalah suatu usaha yang bergerak dibidang konveksi/garment yang didirikan oleh bapak Thohir pada tanggal 30 Mei 1993. Selama berdirinya usaha tersebut UD Hasby mengalami jatuh bangun dalam menjalankan usahanya. Salah satunya yaitu perubahan manajemen yang menyebabkan menurunnya omset penjualan UD Hasby hingga 15% pada tahun 2018.UD Hasby terus memperbaiki perusahaannya hingga dapat mengembalikan omset penjualannya hingga 100% sampai saat ini. Dari latar belakang di atas penulis merumuskan 2 masalah yang meliputi: bagaimana perubahan manajemen UD Hasby di bawah pimpinan yang baru dan bagaimana loyalitas konsumen UD Hasby dengan perubahan manajemen tersebut.
Metode peneltian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang penelitian tersebut termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif lebih banyak menggunakan teknik wawancara, Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Model ini ada 4 komponen analisis yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi: uji Credibility (Validitas Interval), Transfersbility (Validitas Eksternal), Dependability (Realibilitas), dan confirmability (Obyektivitas).
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa manajemen inovasi pada UD Hasby ditunjukkan: tempat, SDM, modal, peralatan, sistem jam kerja, konsumen, dan struktur organisasi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen dengan setelah perubahan manajemen yaitu: kualitas produk, kemudahan dan kenyamanan konsumen dalam pembelian, kepuasan yang dirasakan oleh konsumen. Faktor lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen dengan perubahan manajemen yaitu: bonus dan ramah. Dan faktor yang paling dominan dalam perubahan manajemen yaitu kualitas produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2019 08:16
Last Modified: 29 Nov 2019 08:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item