Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Alat Tulis Kantor Pada Toko Gramadia Ponorogo

Fadilah, Nur (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Alat Tulis Kantor Pada Toko Gramadia Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fadilah, Nur. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Alat Tulis Kantor Pada Toko Gramadia Ponorogo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Anjar Kususiyanah, M.Hum.
Kata Kunci: Pelayanan, Informasi, Konsumen
Keputusan pembelian konsumen dilakukan setelah konsumen melakukan berbagai macam tahapan. Tahapan tersebut mulai dari mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi, dan keputusan akhir menggunakan suatu produk. Proses keputusan konsumen untuk membeli dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kualitas pelayanan dan kualitas informasi perusahaan. Kualitas pelayanan merupakan tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Sedangkan kualitas informasi merupakan tingkat perusahaan dalam memberikan informasi yang bermanfaat bagi konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di toko Gramadia Ponorogo? (2) Apakah kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian di toko Gramadia Ponorogo? (3) Apakah kualitas pelayanan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian di toko Gramadia Ponorogo?
Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan program komputer SPSS 21.0. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin (unknown population) dengan tingkat kesalahan sebesar 10% diperoleh 96 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian alat tulis kantor dan jasa fotokopi di Toko Gramadia, dibuktikan dengan penilaian responden terhadap pelayanan yang diterima kurang, dan tetap melakukan pembelian. (2) Kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian alat tulis kantor dan jasa fotokopi di Toko Gramadia, dibuktikan dengan penilaian terhadap informasi yang diterima berbanding lurus dengan pembelian yang dilakukan konsumen. (3) Kualitas pelayanan dan kualitas informasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Toko Gramadia Ponorogo, dibuktikan dengan semakin tinggi penilaian responden terhadap pelayanan dan informasi, maka semakin tinggi pula responden melakukan keputusan untuk membeli produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2019 03:47
Last Modified: 29 Nov 2019 03:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8477

Actions (login required)

View Item View Item