Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Resitasi dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 1 Siman Ponorogo Tahun 2019/2020

Liyandani, Oktiya Hayyu (2019) Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Resitasi dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 1 Siman Ponorogo Tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
E TESISSS.pdf

Download (704kB)

Abstract

ABSTRAK

Liyandani, Hayyu Oktiya. Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Resitasi dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII SMP Negeri 1 Siman Ponorogo Tahun 2019/2020,Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Ibu Lia Amalia, M.Si.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Resitasi, Metode Ceramah, Mata Pelajaran Agama Islam

Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan belajar mengajar, metode diperlukan oleh guru atau dosen untuk mencapai tujuan yang diinginkan ketika pembelajaran telah usai. Salah satu penyebab kurang memuaskannya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP N 1 Siman Ponorogo adalah kurang minatnya siswa dalam belajar karena kurang variatif nya metode pembelajaran yang diterapkan, sehingga siswa merasa bosan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh guru. Penggunaan metode pembelajaran seperti metode resitasi dan metode ceramah dapat dijadikan alternatif pilihan oleh guru untuk menyampaikan materi. Masing-masing dari kedua materi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga perlu dilakukan pengukuran yang berkaitan dengan hasil belajar siswa, manakah yang lebih baik antara metode pembelajaran resitasi atau metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode resitasi dan metode ceramah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan sample dipilih secara non probability sampling dengan tekhnik sampel purposive sampling atau sampel telah dipilih oleh peneliti dalam pengambilan sampel yakni kelas VII B. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis sedangkan analisis statistik menggunakan uji t (independent sample test).
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode belajar resitasi dan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang diketahui bahwa nilai thitung adalah 2,452 sedangkan ttabel adalah 1,678. Sehingga 2,452(thitung) > 1,678(ttabel). Sedangkan nilai signifikasi 0,018 < 0.05.Selain itu hasil tersebut juga terbukti dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen pertama sebesar 43,83 dan kelas eksperimen kedua 38,83.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2019 02:26
Last Modified: 29 Nov 2019 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8474

Actions (login required)

View Item View Item