Peran Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Darul Istiqomah Ngumpul Balong Ponorogo

Safii, Rahmat (2019) Peran Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Darul Istiqomah Ngumpul Balong Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
syafii.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Safii, Rahmat. Peran Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Darul Istiqomah Ngumpul Balong Ponorogo. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo: Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.
Kata Kunci: Peran Hubungan Masyarakat, Mutu Lulusan
Mutu lulusan merupakan pilar untuk menghasilkan SDM yang baik dan handal, sehingga dengan demikian madrasah harus melakukan usaha-usaha untuk peningkatan mutu lulusan secara terus-menerus. Humas merupakan pihak yang perannya sangat penting dalam meningkatkan mutu lulusan. Menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI tahun 2009, menunjukkan bahwa mutu lulusan masih sangat rendah, terbukti lulusannya tidak mempunyai keterampilan. Sehingga lulusan yang tidak mampu melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi mereka menjadi pengangguran.
Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, dapat dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut: Mendeskripsikan peran humas dalam meningkatkan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Darul Istiqomah Ngumpul Balong Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Darul Istiqomah Ngumpul Balong Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan tahapan reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan, Peran humas sebagai communicator, relationship, back up management dan corporate image dalam meningkatkan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Darul Istiqomah pada kompetensi: 1) Sikap melalui kegiatan spiritual keagamaan, budaya disiplin, hidup bersih dan jiwa sosial. 2) Pengetahuan: a) Faktual melalui kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler; b) Prosedural melalui kegiatan ekstrakurikuler; c) Metakognitif melalui kegiatan kokurikuler. 3) Keterampilan melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2019 02:31
Last Modified: 29 Nov 2019 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8470

Actions (login required)

View Item View Item