Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V Mi Ma’arif Ngrupit Ponorogo

Syaifudin, Faridhoh Nur (2019) Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V Mi Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Faridhoh Nur Syaifudin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran masih banyak siswa yang kurang tertarik terhadap pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika, hal ini disebabkan karena guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk menciptakan interaksi pada siswa dapat menggunakan pembelajaran melalui video animasi. Video animasi adalah suatu gambar yang memuat objek yang seolah-oleh hidup yang disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian dan ditampilkan pada program televisi atau media lainnya. Video animasi merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mempengaruhi kemampuan representasi matematika siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan representasi matematika siswa MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo; (2) mengetahui bahwa penggunaan video animasi mampu meningkatkan kemampuan representasi representasi siswa MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, jadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas VA 27 siswa dan VB 27 siswa yang jumlah keseluruhan terdapat 54 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan t-test. Adapun uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, dan uji homogenitas varian berdasarkan uji bartlett.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) hasil representasi matematika kelas V pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 22,778 dan 19,852; (2) uji perbedaan rataan (t-test) diperoleh ttest = 5,756 dengan taraf signifikasi 5% dan df = 52. Nilai signifikasi 5% ttabel pada df = 52 adalah 2,006. Karena nilai ttest 5,756 > 2,006 ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan video animasi mampu meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa keas V MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo khususnya pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2019 05:15
Last Modified: 27 Nov 2019 05:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8437

Actions (login required)

View Item View Item