pemahaman tajwid murid dengan metode usmani di tpq roudlotul jannah sampung ponorogo dan metode ummi di mi plus darul falah mojoagung jombang

Amalia, Izza (2019) pemahaman tajwid murid dengan metode usmani di tpq roudlotul jannah sampung ponorogo dan metode ummi di mi plus darul falah mojoagung jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210315288 IZZA AMALIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Amalia, Izza. 2019. Pemahaman Tajwid Murid dengan Metode Usmani di TPQ Roudlotul Jannah Sampung Ponorogo dan Metode Ummi di MI Plus Darul Falah Mojoagung Jombang. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag

Kata Kunci: Metode Usmani, Metode Ummi, Tajwid
Al-Qur’an merupakan Kalamulloh yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan membacanya adalah ibadah. Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an, maka umat Islam harus mampu membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah atau aturan membacanya. Dalam wahyu pertama yang Alloh turunkan pada Nabi Muhammad, Alloh memberikan perintah pertama untuk membaca. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembelajaran ilmu cara membaguskan bacaan Al-Qur’an. Ilmu ini dikenal dengan ilmu tajwid. Dalam proses pembelajaran tajwid banyak metode-metode yang dapat digunakan, salah satunya adalah metode Usmani dan metode Ummi. Setiap metode pembelajaran tajwid memiliki karakteristik yang membedakan antara metode satu dengan lainnya, namun demikian tujuan dari penggunaan metode tersebut tetaplah sama yaitu memaksimalkan pembelajaran Al-Qur’an.
Tujuan penelitian ini adalah; (1) mengetahui tingkat pemahaman tajwid murid dengan menggunakan metode Usmani di TPQ Roudlotul Jannah Sampung Ponorogo; (2) mengetahui tingkat pemahaman tajwid murid dengan menggunakan metode Ummi di MI Plus Darul Falah Mojoagung Jombang; dan (3) mengetahui perbedaan pemahaman tajwid dengan metode Usmani dan metode Ummi.
Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian kuantitatif, menggunakan data kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 78 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda. Metode analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulakn bahwa (1) Pemahaman tajwid murid dengan menggunakan metode Usmani di TPQ Roudlotul Jannah Sampung Ponorogo dalam kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 9 responden (23,68%), kategori sedang sebanyak 23 responden (60,53%), dan kategori rendah sebanyak 6 responden (15,79%). (2) Pemahaman tajwid murid dengan menggunakan metode Ummi di MI Plus Darul Falah Mojoagung Jombang dalam kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 7 responden (17,5%), kategori sedang sebanyak 28 responden (70%), dan kategori rendah sebanyak 5 responden (12,5%). (3) Ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman tajwid murid dengan menggunakan metode Usmani di TPQ Roudlotul Jannah Sampung Ponorogo dan metode Ummi di MI Plus Darul Falah Mojoagung Jombang. Berdasarkan Uji Independent Sample t test diperoleh sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,004.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2019 05:01
Last Modified: 27 Nov 2019 05:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item