Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku "Khadiijah Cinta Sejati Rasulullah" Karya 'Abdul Mun'im Muhammad 'Umar

Nurhayati, Yuni Tri (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku "Khadiijah Cinta Sejati Rasulullah" Karya 'Abdul Mun'im Muhammad 'Umar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210313006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurhayati, Yuni Tri.“Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Khadijah Cinta Sejati Rasulullah karya 'Abdul Mun'im Muhammad 'Umar”.Skripsi. Ponorogo: Fakultas Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo, 2019. Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Buku “Khadiijah Cinta Sejati Rasulullah”.

Akhlak merupakan bagian yang paling penting dalam terciptanya suatu hubungan, baik antara manusia dengan Allah SWT, antara manusia dengan sesama manusia itu sendiri, dan juga manusia dengan sesamanya. Manusia memiliki sistem nilai untuk mengatur hal-hal yang baik maupun buruk. Ada banyak sekali cara yang pendidik lakukan guna menyampaikan pendidikan akhlak kepada peserta didik, salah satu caranya adalah dengan mengkaji sejarah dan biografi tokoh Muslim, yaitu Khadiijah binti Khuwailid dalam sirah Khadiijah karangan 'Abdul Mun'im Muhammad 'Umar. Khadiijah adalah sosok wanita yang dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan akhlak dalam setiap masa.Dalam buku tersebut banyak sekali mengandung nilai-nilai pendidikan, terlebih mengenai akhlak. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Khadiijah Cinta Sejati Rasulullah karya 'Abdul Mun'im Muhammad 'Umar.
Untuk mendeskripsikan masalah di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku “Khadiijah Cinta Sejati Rasulullah” karya 'Abdul Mun'im Muhammad 'Umar? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan akhlakdalam buku “Khadiijah Cinta Sejati Rasulullah” karya 'Abdul Mun'im Muhammad 'Umar dengan pendidikan Islam? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode content analysis (analisis isi). Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelitian kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang dimiliki Khadijah binti Khuwailid yaitu Akhlak mulia kepada Allah (meliputi: taat pada aturan-Nya, selalu berdo‟a kepada-Nya, bertawakal kepada-Nya, dan menauhidkan Allah), akhlak kepada makhluk (meliputi: akhlak kepada keluarga dan akhlak kepada tetangga dan teman sejawat), akhlak terhadap diri sendiri (meliputi: kasih sayang, jujur dan amanah, sabar, menepati janji, memelihara kesucian diri, dan syukur). (2) Adapun relevansinya dengan pendidikan Islam adalah pada prinsip pendidikan Islam (meliputi: menauhidkan Allah, bertawakal kepada Allah, akhlak kepada tetangga dan teman sejawat), relevansi terhadap tujuan pendidikan Islam (meliputi: sabar, amanah, taat pada aturan Allah) dan relevansi terhadap metode pendidikan Islam berupa menepati janji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:18
Last Modified: 27 Nov 2019 04:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item View Item