Pengaruh Kemampuan Menghafal Rumus Terhadap Kemampuan Menalar Logis Matematis Pada Materi Persegi Di Kelas III Mi Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019

Bidaroh, Widya Fansyuri (2019) Pengaruh Kemampuan Menghafal Rumus Terhadap Kemampuan Menalar Logis Matematis Pada Materi Persegi Di Kelas III Mi Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
UPLOUD SKRIPSI WIDYA.pdf

Download (943kB)

Abstract

ABSTRAK
Widya Fansyuri Bidaroh. 2019 : Pengaruh Kemampuan
Menghafal RumusTerhadap Kemampuan Menalar
Logis Matematis Pada Materi Persegi Di Kelas III
Mi Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun
Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing Sofwan Hadi, M.Si
Kata Kunci :Kemampuan Menghafal Rumus, Kemampuan
Menalar Logis Matematis
Aspek kecerdasan seseorang yang sangat terkait
dengan kemampuan dasar dalam penalaran konsep-konsep
abstrak dan bersifat logis adalah kecerdasan logis
matematis.Aspek-aspek yang disebutkan diatas merupakan
karakteristik dari matematika sehingga kecerdasan logis
matematis memiliki pengaruh pada pencapaain kemampuan
menghafal yang merupakan dari kemampuan bagian dari
matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kemampuan mengahafal rumus terhadap
kemampuan menalar logis matematis pelajaran matematika
materi persegi siswa kelas III pada materi persegi MI
Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran
2018/2019.
Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
lesan dan testulis. Dalam penelitian ini pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 40 anak.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa
(1) Kemampuan menghafal rumus siswa kelas III MI
Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo dapat disimpulkan
(57,5)(2) Kemampuan menalarlogismatematissiswakelas III
MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Dalam kategori
tinggi (65 %)(3) Kemampuan menghafal memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kemampuan menalar logis
matematis siswa kelas III MI Ma’arif Ngrupit Jenangan
Ponorogo. Hal inidibuktikan dengan Berdasarkan analisis
yang dilakukan oleh penelitian dari perhitungan regresi linier
sederhana diperoleh hasil Fhitung (76,01374772). Kemampuan
menghafal rumus berpengaruh 50% terhadap kemampuan
menalar logis matematis siswa kelas III MI Ma’arifNgrupit
Jenangan Ponorogo dan 50 % sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SOFWAN HADI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2019 00:51
Last Modified: 22 Nov 2019 00:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8417

Actions (login required)

View Item View Item