Korelasi Pembelajaran Tematik Dengan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019

Milasih, Retno Dwi (2019) Korelasi Pembelajaran Tematik Dengan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload.pdf

Download (913kB)

Abstract

ABSTRAK
Milasih, Retno Dwi.2019. Korelasi Pembelajaran Tematik
dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa
Kelas IV A di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo
Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Institut Agama Islam
Ponorogo. Pembimbing : Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Motivasi, Prestasi
Belajar.
Dengan pembelajaran tematik diharapkan
peserta didik mendapatkan hasil belajar yang optimal
dan maksimal dan menghindari kegagalan
pembelajaran yang masih banyak terjadi dengan model
pembelajaran yang lain. Motivasi belajar adalah daya
penggerak dari dalam diri individu untuk melakukan
kegiatan belajar untuk menambah pengetahuan dan
ketrampilan serta pengalaman. Motivasi ini tumbuh
karena ada keinginan untuk bisa mengetahui dan
memahami sesuatu dan mendorong serta mengarahkan
minat belajar siswa sehingga sungguh-sungguh untuk
belajar dan termotivasi untuk mencapai prestasi.
Prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor,
diantaranya adalah pembelajaran tematik dan motivasi.
Prestasi belajar dinyatakan sebagai pengetahuan yang
dicapai atau perolehan ketrampilan selama
pembelajaran di sekolah. Biasanya pengukuran prestasi
belajar dilakukan melalui tes atau ujian yang diberikan
guru. Prestasi belajar adalah pencapain atau kecakapan
yang ditampakkan dalam suatu keahliaan atau
sekumpulan pengetahuan. Adapun penelitian ini
dilakukan di MI Ma‟arif Mayak Tonatan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui
pembelajaran tematik siswa kelas IV A di MI Ma’arif
Mayak Tonatan Ponorogo. (2) mengetahui motivasi belajar
siswa kelas IV A di MI Ma’arif Mayak Tonatan
Ponorogo. (3) mengetahui prestasi belajar siswa kelas IV A
di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo. (4) mengetahui
ada atau tidak korelasi pembelajaran dan motivasi dengan
prestasi belajar siswa kelas IV A di MI Ma’arif Mayak
Tonatan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian
pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional dengan
menggunakan analisis product moment. Ada 30 siswa kelas
IV A yang dijadikan sampel penelitian. Sampel ini diambil
dengan teknik sampling purposive dari populasi siswa kelas
IV. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen
dalam pengumpulan data.
Pembelajaran tematik siswa kelas VI A MI Ma‟arif Mayak
Tonatan Ponorogo tergolong cukup. Dalam kategori cukup
dengan frekuensi sebanyak 12 responden (40%). Motivasi
belajar siswa kelas VI A MI Ma‟arif Mayak tonatan
Ponorogo tergolong cukup. Dalam kategori cukup dengan
frekuensi sebanyak 30 responden (100%). Prestasi belajar
siswa siswa kelas VI A MI Ma‟arif Mayak tonatan
Ponorogo tergolong cukup. Dalam kategori cukup dengan
frekuensi sebanyak 30 responden (100%). Tidak ada
korelasi pembelajaran tematik dan motivasi dengan prestasi
belajar siswa kelas VI A MI Ma‟arif Mayak tonatan
Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Diperoleh nilai ftabel =
3,35 dan fhitung = 1,898 dimana ftabel < fhitung maka Ha ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Nov 2019 00:55
Last Modified: 22 Nov 2019 00:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8413

Actions (login required)

View Item View Item