Peningkatan Minat Baca Melalui Perpustakaan Siswa Sdn 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019

Sulistiyana, Nika Tri (2019) Peningkatan Minat Baca Melalui Perpustakaan Siswa Sdn 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210615041 NIKA TRI SULISTIYANA .pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Tri Sulistiyana, Nika. 2019. Peningkatan Minat Baca melalui Perpustakaan Siswa SDN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M. Pd.

Kata Kunci: Minat Baca, Perpustakaan
Membaca adalah keterampilan dasar yang dimiliki seseorang untuk belajar dan menambah pengetahuan dan wawasan, baik dalam jalur formal (PAUD, TK, SD, SMP, SMA, PT) nonformal maupun informal. Membaca adalah jantung pendidikan, hal tersebut terbukti bahwa membaca merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Kita menganggap penting kegiatan membaca, namun tidak disertai pelaksanaan kegiatan membaca. Tanpa kegiatan membaca, proses pendidikan dan pembelajaran tidak akan berlangsung. Kita mendapatkan ilmu pengetahuan atau informasi dari buku-buku.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan minat baca siswa SDN 1 Jenangan, Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan membaca melalui perpustakaan sebagai upaya meningkatkan minat baca bagi siswa SDN 1 Jenangan, Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019, (3) untuk menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatanmembaca melalui perpustakaan di SDN 1 Jenangan, PonorogoTahun Pelajaran 2018/2019, (4) untuk menjelaskan manfaat membaca melalui perpustakaanbagi siswa SDN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini peneliti lakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berdasarkan Miles dan Huberman dengan urutan langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa (1) minat siswa dalam membaca buku pelajaran sebelum ada pelaksanaan kegiatan membaca melalui perpustakaan tergolong kurang bersemangat.(2) Pelaksanaan kegiatan membaca melalui perpustakaan yaitu, siswa berkunjung sesuai jadwal kunjung, kemudian membaca buku yang telah dipilih sesuai kebutuhan, terutama buku pelajaran. Siswa yang paling rajin membaca akan mendapat hadiah dari kepala sekolah. (3) Faktor penghambat pelaksanaan kegiatan membaca, yaitu kurangnya kesadaran siswa mengenai pentingnya membaca buku pelajaran, kurang maksimalnya partisipasi dari guru untuk mendukung kegiatan membaca melalui perpustakaan. Faktor pendukung kegiatan membaca melalui perpustakaan, yaitu strategi yang digunakan guru, terutama saat membaca buku pelajaran. Selain itu, sarana dan prasarana. Misal, perpustakaan sebagai sumber utama memperoleh bahan bacaan, lingkungan sekolah yang nyaman, rindang, asri, banyak slogan tentang membaca. (4) Manfaat dari pelaksanaan kegiatan membaca melalui perpustakaan adalah siswa menjadi bersemangat berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku pelajaran dan juga buku lainnya, seperti buku cerita dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: YUENTIE SOVA PUSPIDALIA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:34
Last Modified: 20 Nov 2019 04:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8385

Actions (login required)

View Item View Item