Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Tupperware Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Distributor Anna Tupperware Perum OKAZ Mansion Ponorogo)

Nofitasari, Diyan Rani (2019) Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Tupperware Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Distributor Anna Tupperware Perum OKAZ Mansion Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
A SKRIPSI DIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nofitasari, Diyan Rani NIM: 210715097, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Tupperware Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Distributor Anna Tupperware Perum OKAZ Mansion Ponorogo). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Agung Eko Purwana, SE,MSI.
Kata Kunci: Jasa, Kinerja, Keingininan Konsumen
Kepuasan konsumen diartikan sebagai suatu keadaan dimana harapan konsumen terhadap suatu produk maupun jasa sesuai dengan kenyataan yang diterima oleh konsumen. Didalam kepuasan konsumen terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya diantaranya termasuk kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga dan biaya. Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan oleh perusahaan atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan dari pelanggan. Menurut Philip Kotler, dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang dihasilkan. Didalam kualitas jasa terdapat dimensi-dimensi yang mempengaruhinya, yaitu berupa bukti fisik (Tangible), keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance) dan Empathy. Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kualitas produk. Kualitas produk merupakan faktor tingkat penentu dalam kepuasan konsumen. Pelanggan yang puas akan produk yang telah dikonsumsinya kemungkinan akan membeli ulang lagi. Pemahamannya terkait tentang kualitas produk adalah, jika semakin tinggi tingkat kualitas produk, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika semakin rendah kualitas produk, semakin rendah pula tingkat kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini dilakukan pada distributor Anna Tupperware Perum OKAZ Mansion Ponorogo, menggunakan data kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 97 responden. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Metode analisis statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Tetapi hal ini berbeda ditunjukkan pada variabel kualitas produk yang menunjukkan hasil tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan hasil penelitian bersama kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan mempengaruhi kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:28
Last Modified: 19 Nov 2019 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item