Upaya Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur'an santri Melalui Pembelajaran Kitab Hidayat Al-Shibyan Di Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo

Taufiqurrohman, Muhammad (2019) Upaya Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur'an santri Melalui Pembelajaran Kitab Hidayat Al-Shibyan Di Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS BACAAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Taufiqurrohman, Muhammad. 2019 Upaya Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Melalui Pembelajaran Kitab Hida>yat Al-Shibya>n (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo) Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Nur Kolis, Ph.D

Kata Kunci: Kitab Hida>yat Al-Shibya>n, Pondok Pesantren Darul Hikam
Penelitian ini merupakan upaya peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an santri melalui pembelajaran kitab Hida>yat Al-Shibya>n di PP. Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo. Dalam suatu pembelajaran, kegiatan belajar mengajar tidak cukup hanya mentransfer Ilmu dan berceramah saja. Sebagai seorang guru harus mempunyai skill dan metode-metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga pembelajaran bisa tercapai dengan efektiv dan efisien.
Dalam skripsi ini menggunakan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Kitab Hida>yat Al-Shibya>n? (2) Bagaimana Metode Pembelajaran kitab Hida>yat Al-Shibya>n? (3) Bagaimana Implikasinya Bagi Santri di PP. Darul Hikam?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab Hida>yat Al-Shibya>n di PP. Darul Hikam Joresan (2) Mengetahui metode pembelajaran kitab Hida>yat Al-Shibya>n di PP. Darul Hikam Joresan (3) Mengetahui implikasi pembelajaran kitab Hida>yat Al-Shibya>n dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri di PP. Darul Hikam Joresan.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, interaksi lingkungan, suatu unit sosial, individu, keluarga, lembaga atau masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi di PP. Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran Al-Qur’an menggunakan kitab Hida>yat Al-Shibya>n di PP. Darul Hikam Joresan meliputi beberapa langkah. Langkah awal adalah persiapan, kemudian pelaksanaan, dan yang terakhir adalah evaluasi. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum lokal (pihak pondok yang membuat kurikulum sendiri) (2) Metode yang diguanakan dalam pembelajaran kitab Hida>yat Al-Shibya>n adalah perpaduan beberapa metode, diantaranya metode weton/bandongan dan metode ceramah (3) Implikasi pembelajaran kitab Hida>yat Al-Shibya>n bagi santri adalah dari 23 santri rata-rata mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: NUR KOLIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:14
Last Modified: 18 Nov 2019 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8345

Actions (login required)

View Item View Item