Pelaksanaan Program Bina Prestasi dalam Meningkatkan soft skills siswa MTsN 6 Ponorogo

Khoirul, Fikri (2019) Pelaksanaan Program Bina Prestasi dalam Meningkatkan soft skills siswa MTsN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi Fikri Upload.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fikri, Khoirul. 2019. Pelaksanaan Program Bina Prestasi dalam Meningkatkan Soft Skills Siswa MTsN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Program Bina Prestasi, Soft Skills
Pelaksanaan program bina prestasi dalam meningkatkan soft skills siswa sangatlah penting untuk dilakukan, karena kemampuan ini yang diperlukan dan harus dimiliki oleh siswa progam bina prestasi dalam mengembangkan dirinya (kemampuan) untuk melakukan segala aktifitas. Oleh sebab itu pelaksanaan program bina prestasi hendaknya bisa mengena pada kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa program bina prestasi sehingga hasil yang dicapai bisa dirasakan baik itu guru, orang tua maupun siswa program bina prestasi itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan program bina prestasi dalam meningkatkan soft skills siswa MTsN 6 Ponorogo (2) mendeskripsikan hasil pelaksanaan program bina prestasi dalam meningkatkan soft skills siswa MTsN 6 Ponorogo (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan pelaksanaan program bina prestasi dalam meningkatkan soft skills siswa MTsN 6 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Analisis datanya mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; (1) Pelaksanaan program bina prestasi dalam meningkatkan soft skills siswa MTsN 6 Ponorogo sudah dilaksanakan dengan baik yaitu madrasah sudah melaksanakan kegiatan yang menunjang kegiatan soft skills siswa dengan adanya pengorganisasian, pengontrolan, strategi, materi, kondisi madrasah yang adiwiyata, dan adanya evaluasi pembelajaran; (2) Hasil pelaksanaan program bina prestasi dalam meningkatkan soft skills siswa MTsN 6 Ponorogo sudah baik yaitu dengan siswa mampu mengembangkan karakter kerja keras dengan mereka saling berkompetisi di dalam belajarnya, kreativitas dalam membuat buletin madrasah, kemandirian siswa program bina prestasi dengan memiliki beban tanggung jawab terhadap tugas individu, dalam hal kerjasama tim yaitu siswa membagi tugas pada saat pembuatan buletin madrasah; (3) Hambatan-hambatan pelaksanaan program bina prestasi dalam meningkatkan soft skills siswa MTsN 6 Ponorogo yaitu adanya jadwal program bina prestasi yang berbenturan dengan jadwal madrasah, guru program bina prestasi merasa waktu pembelajaran yang kurang dan siswa program bina prestasi merasa sulit membagi waktu untuk mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:48
Last Modified: 15 Nov 2019 07:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8335

Actions (login required)

View Item View Item