Customer Due Diligence (CDD)Dalam Program Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT) Di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo

Fitrianita, Rizka (2019) Customer Due Diligence (CDD)Dalam Program Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT) Di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis Rizka Fitrianita.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perbankan merupakan salah satu industri yang rawan risiko baik risiko operasional, risiko hukum, maupun risiko reputasi. Hal ini mengharuskan perbankan meminta berbagai macam informasi yang menjadi syarat mutlak sebelum dan saat nasabah melakukan hubungan hukum dengan bank. Proses permintaan berbagai informasi ini dikenal dengan istilah Customer Due Diligence (CDD) yang merupakan proses identifikasi, verifikasi dan pemantauan yang dilakukan bank untuk memastikan transaksi dilakukan sesuai dengan profil nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan gambaran mengenai penerapan tahapan identifikasi dalam program APUPPT, (2) mendapatkan gambaran mengenai penerapan tahapan verifikasi dan pemantauan dalam program APUPPT, dan (3) Mengetahui potensi yang ditimbulkan dari penerapan CDD dalam program APUPPT di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang memiliki karakteristik alami (natural setting). Lokasi penelitian dilakukan di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data yang telah dikumpulkan untuk lebih fokus pada hal-hal penting yang berkaitan dengan penelitian kemudian menyajikan data dalam bentuk uraian dan kemudian penarikan kesimpulan.
Penilitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, tahapan identifikasi dalam program APUPPT dilakukan dengan cara identifikasi nasabah dan identifikasi transaksi. Kedua, tahapan verifikasi dilakukan secara berlapis yaitu dilakukan oleh petugas Front Liner sebelum transaksi dilakukan, serta verifikasi oleh Supervisor yang dilakukan setiap sore setelah pelayanan selesai. Sedangkan penerapan pemantauan transaksi dilakukan melalui laporan transaksi keuangan baik STR maupun CTR, serta transaksi yang dilakukan oleh WIC. Ketiga, potensi yang ditimbulkan dari penerapan CDD yaitu bisa menimbulkan penurunan jumlah nasabah disebabkan adanya keluhan dari nasabah terkait terlalu lama proses pelayanan yang mengakibatkan terhambatnya proses penghimpunan dana, oleh karena itu perlu adanya inovasi seperti meningkatkan pemasaran fasilitas-fasilitas yang dapat membantu nasabah dan mempersingkat proses pelayanan. Sedangkan hal positif yang diperoleh adalah tidak ditemukannya kasus pidana seperti rekening yang digunakan sebagai penampungan hasil tindak pidana pencucian uang, pendanaan terhadap terorisme, maupun pidana penipuan
Kata kunci: CDD, APUPPT, BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Nov 2019 00:36
Last Modified: 14 Nov 2019 00:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item View Item