Implementasi Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI di SMKN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020

Aziz, Muhammad Lathifatul (2019) Implementasi Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI di SMKN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi aziz.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Aziz. Muhammad Lathifatul. Implementasi Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI di Smkn 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020 Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agana Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Harjali, M.Pd.

Kata kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Minat belajar

Minat adalah rasa lebih suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Minat dapat diekspresekan melalui pernyataan yang menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai suatu hal daripada hal lainnya. Adanya minat terhadap suatu obejek yang dipelajari akan mendorong orang untuk mempelajari sesuatu untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan informasi dari guru PAI, di SMKN 1 Ponorogo banyak siswa yang mempunyai minat belajar PAI yang rendah . Maka dari itu sesuai dengan kurikulum 2013 , pendekatan Saintifik Model Discovery Learning dirasa cukup untuk mewujudkan Minat belajar siswa terhadapap pembelajaran PAI yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi pendekatan Saintifik model Discovery learning dalam pembalajaran PAI (2) mendeskripsikan problem dan solusi dalam menerapkan pendekatan Saintifik model Discovery learning. (3) Mendeskripsikan Implikasi dari penerapan pendekatan Saintifik Model Discovery Lerning terhadap minat belajar siswa.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Implementasi terdiri dari 3 kegiatan yaitu kegiatan Pra Pembalajaran dalam kegiatan pra pebelajaran ini meliputi pembuatan RPP proses pembelajaran berisi, Stimulasi, problem statement, data collection, data prossesing, virivication, dan Generalization. Kegiatan penilaian. (2) problem dan solusi yaitu kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran PAI solusinya guru harus lebih maksimal dalam menerapkan pembelajaran, kebiasaan guru yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran solusinya guru harus mengajar sesuai sintak model pembelajaran, alokasiwaktu yang terbatas solusinya guru harus bisa membagi waktu pembelajaran dengan tepat.(3) implikasi dari penerapan model discovery learning yaitu siswa merasa pembelajaran PAI lebih menarik dan tidak membosankan, selain itu guru juga merasa terbantu dengan adanya model pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2019 01:32
Last Modified: 13 Nov 2019 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8319

Actions (login required)

View Item View Item